Marketing Trends

Contactless Dining Cara Baru Makan di Restoran

Ilutrasi contacless dining. (dok. Zomato)

Tahun ini, tentunya menjadi masa yang berat bagi setiap negara dalam menghadapi pandemi COVID-19. Berbagai sektor menderita kerugian atau dampak dari adanya pandemi ini, tak terkecuali industri food & beverages.

Melihat krisis yang terjadi seperti ini, perlahan setiap negara mulai berani ‘berdamai’ dengan COVID-19 dan menyebutkan bahwa kini kita telah berada di new normal. Zomato sebagai salah satu platform direktori restoran juga terus mengikuti perkembangan yang ada dan berusaha menyelaraskan situasi baru ini dengan teknologi untuk tetap membantu seluruh restoran agar tetap bertahan dan kembali beroperasi. Sejak April 2020, Zomato sudah mulai mencanangkan cara baru makan di restoran di tengah new normal, yang disebut Contactless dining.

Per hari ini, ada lebih dari 13 ribu restoran telah menawarkan pengalaman Contactless Dining di India. Tak hanya di India saja, pengalaman baru inipun juga sudah hadir di UAE, Australia, dan New Zealand, yang sampai dengan hari ini mendapat respon positif baik dari pihak restoran maupun pengunjung yang datang.

Contactless dining, engalaman baru saat makan di luar, tanpa menyentuh buku menu atau bill secara fisik sampai dengan melakukan pembayaran menggunakan mesin kartu, semua akan berubah menjadi cara yang lebih baru. Dengan adanya contactless dining, pengunjung yang datang ke restoran dapat melakukan seluruh proses: melihat menu, memesan makanan atau minuman favorit, sampai dengan membayar bill hanya dengan aplikasi Zomato. Hal inilah yang kami percayai dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan makan di restoran di era yang baru ini.

“Market pertama yang menjadi target di Indonesia adalah Jabodetabek. Selain itu, Zomato juga terus bergerak untuk meluncurkan pengalaman baru makan di luar ini di berbagai market besar lainnya, seperti di Turki, Portugal dan Filipina yang perlahan sudah mulai menawarkan Contactless Dining di berbagai restoran favorit,” sebut Deri Slyrova, Marketing Lead Zomato Indonesia.

Beberapa contoh restoran yang telah bergabung adalah Social Affair, Shirokuma Cafe, The Pancake Co. By Dore dan masih banyak lagi. Setelah sampai di restoran, pengguna hanya perlu untuk memindai QR code berlabel Zomato yang tersedia di restoran dan bisa memesan, memanggil pramusaji, bahkan membayar langsung melalui aplikasi Zomato, selain itu standar protokol kesehatan dan keselamatan sudah dipersiapkan oleh para restoran yang tergabung dalam jaringan contactless dining ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved