Marketing Strategy

Strategi Daewoo Bersaing dengan Produk Elektronik Buatan Korea

Strategi Daewoo Bersaing dengan Produk Elektronik Buatan Korea

Foto 1

Daewoo Electronics asal Negeri Gingseng meluncurkan 4 produk barunya: batik care washing machine, mini drum washing machine, classic refrigerator, dan air fry oven ayam goreng. Ada dua produk yang khusus dibuat untuk konsumen Indonesia, yaitu batik care washing machine dan air fry oven ayam goreng.

Keunikan dari masing-masing produk adalah pertama, dengan tagline perfect partner for your delicate Batik, Batik Care washing machine merupakan mesin cuci pertama yang dikhususkan untuk mencuci batik. Selain itu, terdapat 1 tombol yang dirpogramkan khusus untuk mencuci batik (motor speed, washing temperature, dehydration control, dan laundry time).

Kedua, air fry oven ayam goreng adalah produk yang multifungsi. Produk ini dapat menjadi microwave, pemanggang, pemanas, dan air fry dalam satu tempat. Keunggulan dari produk ini adalah konsumen dapat memanggang atau menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Sehingga makanan menjadi lebih sehat.

Ketiga, classic refrigerator, dengan desain yang retro, classic refrigerator dikhususkan untuk keluarga kecil atau konsumen yang tinggal sendiri dan tidak mempunyai ruang yang luas di rumah. Dengan bentuknya yang ramping, classic refrigerator dapat menghemat tempat. Selain itu, kulkas ini mendapat rating A++ untuk energy efficiency.

Keempat, mini drum washing machine, dengan kapasitas 3 kg, mesin cuci ini dapat ditempel di dinding untuk menghemat tempat. Mesin cuci ini cocok untuk konsumen yang tinggal sendiri dan tidak mempunyai ruang yang terbatas di rumah. Mini drum washing machine dapat menghemat proses pencucian selama 29 menit dan penggunaan air sebanyak 80%.

Foto 4

Meskipun Daewoo baru mulai melakukan direct selling di Indonesia pada Desember 2014 lalu, Hogan Hee-Hong Park, President of Southeast Asia and Oceania optimistis Daewoo mampu berkompetisi dengan produsen elektronik dari Korea lainnya seperti Samsung dan LG “We are still baby, tapi kami optimistis produk kami dapat diterima di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Daewoo tidak berkompetisi dengan produk elektronik Cina, melainkan dengan produk elektronik yang sama-sama berasal dari Korea seperti Samsung dan LG. Untuk bersaing, Daewoo menciptakan startegi untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia seperti Batik Care washing machine dan air fry oven Ayam Goreng. Keunikan dan desain yang menarik juga menjadi senjata utama Daewoo di kompetisi ini.

Shin Jungsoo, President of Dongbu Daewoo Electronics, mengatakan di luar Indonesia, Daewoo merupakan pemain lama sebagai produsen produk elektronik dan sudah terkenal luas. Market share mini drum washing machine mencapai angka 64% untuk kategori mesin cuci 3 kg di Cina. “Di ASEAN, penjualan product Daewoo di Indonesia mencapai 25%. Kami baru menjual produk kami di beberapa retail seperti Electronic City dan Best Denki. Kami percaya bahwa Indonesia akan menjadi our future market kami yang terbesar,” tambahnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved