Daihatsu Ayla, Pionir LCGC di Indonesia

Daihatsu Ayla resmi diluncurkan hari ini, setelah menunggu disahkannya kebijakan mengenai sistem Low Cost Green Car (LCGC) oleh pemerintah. Pasar LCGC yang merupakan ceruk pasar baru bagi industri otomotif dimanfaatkan oleh PT Daihatsu Astra Motor (ADM) dengan meluncurkan jenis mobil city car. Daihatsu Ayla rencananya akan sampai ke tangan pembeli pada minggu kedua atau ketiga bulan ini.

20130909_112730Daihatsu Ayla hadir setelah adanya regulasi dari pemerintah terkait dengan mencipatkan kendaran terjangkau untuk kelas menegah. ADM merupakan pionir untuk kelas mobil LCGC seperti yang disampaikan Sudirman MR, Presiden Direktur ADM Ayla sudah lolos uji kelayakan dari Kementerian Perindustrian.Ayla sendiri akan dilepas ke pasar dengan harga mulai dari Rp 76 jutaan. Ayla yang mulai di produksi bulan ini memiliki enam tipe yaitu D MT, D+ MT, M MT/AT, X MT/AT yang memiliki ground clearance tinggi, radius putar kecil yaitu 4,4 m serta menggunakan standar keselamatan global.

"Kami menargetkan penjualan sekitar 3000 sampai 4000 unit perbulannya, jadi kalau sampai akhir tahun terget kami mencapai 16.000 unit,” ujar Chief Operation Officer PT Astra International Tbk. - Daihatsu Sales Operation, Toto Suryana.

20130909_121131Jika dilihat lebih lanjut di Indonesia pasar untuk city car tetap akan terus tumbuh walaupun rata-rata masyarakat tetap memilih mobil jenis MPV sebagai mobil idaman. Toto Suryana juga menyampaikan pihaknya optimis menggarap pasar baru LCGC, walaupun situasi ekonomi Indonesia yang kurang baik saat ini. Dengan situasi ekonomi yang tidak stabil menurutnya akan berpengaruh pada leasing company karena diperkirakan hampir 60% konsumen akan membeli dengan cara kredit. Jika kondisi ekonomi kondusif Daihatsu Ayla akan memberikan kontribusi sebesar 5-7%, sampai saat ini Xenia masih menjadi backbone bagi ADM dengan kontribusi sebanyak 40%.

“Kami berharap, Astra Daihatsu Ayla dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan pasar dan industri otomotif Indonesia sebagaimana diharapkan oleh pemerntah saat menerbitkan regulasi LCGC,” ujar Sudirman MR, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor.

Rencanya Daihatsu Ayla juga akan di ekspor ke beberapa negara berkembang seperti Filipina dan Afrika. (EVA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)