Danamon Syariah Targetkan 3.000 Nasabah Tabungan Haji di 2019

Herry Hikmanto, Direktur Syariah Bank Danamon Indonesia (kiri)

Hingga Januari 2019, tercatat ada lebih dari 4 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam. Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasi sekitar 260 juta jiwa, di mana 87% di antaranya adalah Muslim. Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesiapan finansial yang belum menjadi prioritas.

Nah, untuk menyiapkan finansial menjalankan ibadah haji, sejak kuartal terakhir tahun 2018, Bank Danamon Syariah merilis Tabungan Haji. Dari waktu ke waktu, animo masyarakat meningkat. Tercatat per 31 Januari 2019, total Tabungan Haji Bank Danamon mencapai lebih dari 1.700 rekening, yang terdiri dari Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan Tabungan Rencana Haji (TRH). Dari 1.700 rekening itu, sekitar 50% di antaranya sudah membayar penuh biaya pendaftaran, yakni Rp 25 juta. Sisanya masih membayar sesuai kemampuan masing-masing.

Herry Hikmanto, Direktur Syariah Bank Danamon Indonesia, menjelaskan, “Kami melihat inisiatif edukasi perencanaan tabungan haji sejak dini mulai membuahkan hasil yang positif. Hal ini harapannya dapat terus ditingkatkan untuk mendukung perkembangan perbankan syariah Bank Danamon maupun secara lebih luas di tingkat nasional.”

Menurutnya, masyarakat Indonesia, khususnya muslim di Indonesia perlu terus mendapatkan informasi bahwa mereka dapat mulai merencanakan tabungan haji, tanpa mengesampingkan prioritas lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari. “Tingkat pemahaman atau literasi dalam hal keuangan di tengah-tengah masyarakat tentu harus dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten untuk memperkuat penetrasi jasa layanan keuangan di Indonesia. Bank Danamon menyadari hal ini dan terus mendukung upaya pemerintah melalui kegiatan-kegiatan edukasi maupun apresiasi kepada publik,” ungkap Herry di sela acara silaturahmi bersama nasabah Tabungan Haji Danamon Syariah di Jakarta (8/2/2019).

Herry menargetkan dapat menjangkau target 3.000 nasabah tabungan haji hingga akhir 2019. Dia tidak ingin menentukan target dalam bentuk nominal tabungan haji. Yang penting, masyarakat menyadari bahwa i keberadaan tabungan haji ini akan memudahkan pendaftaran haji. Alhasil, Bank Danamon fokus pada program yang memungkinkan nasabah untuk mendaftar di mana pun dan kapan pun.

Dalam kesempatan itu, Bank Danamon juga mengumumkan nasabah Danamon Syariah yang telah ikut dalam program Tabungan Haji, baik untuk daftar haji melalui Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) maupun untuk merencanakan Haji melalui Tabungan Rencana Haji (TRH). Informasi tentang nasabah yang menerima apresiasi daftar haji gratis tersebut adalah sebagai berikut:

Codrat Dwi Nugroho (Ibu Dwi), wanita kelahiran 22 Maret 1966 ini adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang hobi memasak untuk anak-anaknya. Beliau sebelumnya telah aktif menggunakan produk-produk Danamon Syariah untuk persiapan ibadah, diantaranya Tabungan BISA Qurban iB dan Tabungan BISA Umrah iB.

Muhamad Hadi Santoso, pria berusia 44 tahun ini berprofesi sebagai polisi dan aktif menjadi nasabah Tabungan Haji Danamon Syariah usai membuka rekening Tabungan Rencana Haji pada Desember 2018 lalu.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)