Banyaknya teknologi sosial yang kini terus berkembang telah meningkatkan kemudahan bagi para konsumen untuk berinteraksi dan mengekspresikan pemikiran mereka terhadap suatu merek.
Sentimen yang positif dari para konsumen akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan nama merek suatu perusahaan.
Melalui Social Media Award 2013, PT Matahari Department Store Tbk. (Matahari), berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki performa yang baik dalam media sosial untuk kategori departement store.
“Matahari mendapatkan share of voice dan sentimen yang positif dari masyarakat,” kata Dharsana Sulistijo, Head of Marketing PT Matahari Departement Store.
Social Media Award 2013 diberikan kepada setiap merek dalam kategori industri tertentu yang memiliki indeks lebih dari 10% dan menempati posisi dua besar. Indeks yang digunakan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing, didukung oleh MediaWave yang melakukan monitoring media sosial.
Setiap merek dalam kategori tertentu akan dilakukan perhitungan indeks dengan perumusan sebagai berikut: persentase pembicaraan positif suatu merek ditambahkan dengan persentase pembicaraan netral merek tersebut dan dikurangi persentase pembicaraan negatif merek tersebut.
Saat ini Matahari memiliki 122 gerai yang berlokasi di 58 kota di seluruh Indonesia dan jaringan lebih dari 1.200 pemasok lokal serta pemasok internasional. (EVA)