Demi Menangkan Persaingan Bisnis, Permata Bank Perbarui Layanan E-Channel

Produk inovatif merupakan syarat mutlak dalam memenangkan bisnis perbankan. Selain itu, produk perbankan juga harus mampu menjawab kebutuhan nasabah. Alasan itulah yang membuat Permata Bank memperbarui layanan e-channel nya. Kini PermataMobile dan PermataNet memiliki 120 fitur layanan transaksi.

Sejak diperbaharui dengan format terkini yang lebih ramah pengguna (user friendly) dan keamanan yang semakin berlapis, pengguna PermataNet tercatat meningkat 62% diakhir bulan April 2012 dibanding Desember tahun lalu. Sedangkan PermataMobile yang selama ini telah banyak digunakan oleh nasabah untuk melakukan berbagai transaksi meningkat sebesar 6%. Pengguna e-channel ini sudah mencapai sepertiga dari total nasabah tabungan Permata yang mencapai 1,3 juta nasabah hingga April 2012.

Peningkatan yang signifikan untuk dua transaksi utamanya, yaitu pembayaran dan transfer. Dari sisi transaksi, pembayaran yang dilakukan ke beragam jenis pembayaran ini tercatat meningkat 79% dari 134.162 di bulan Maret 2011 menjadi 240,324 pada periode yang sama 2012. Sedangkan di sisi jumlah pembayaran tercatat kenaikan sebesar 46% YoY, dari Rp 56.5 miliar menjadi Rp 82,6 miliar.

Transaksi transfer antar bank maupun ke sesama rekening melalui Permata Mobile yang dilakukan secara langsung dan seketika (on line-real time) tercatat meningkat hampir 50% menjadi sekitar 150 ribu per bulan dalam satu tahun terakhir. Peningkatan tersebut sejalan dengan peningkatan disisi volume transaksinya.

Sedangkan layanan MobileCash yaitu penarikan tunai tanpa kartu di ATM dengan menggunakan medium PermataMobile sebagai sarana reservasi juga turut meningkat. Inovasi yang tercatat di rekor MURI ini meningkat dari sisi transaksi dan jumlahnya. Jumlah dan penarikan meningkat masing-masing 25% dan 17% YoY.

Sejalan dengan diperbaharuinya PermataNet, jumlah nasabah pengguna telah meningkat secara drastis dari 10 ribu di awal Januari 2012 menjadi lebih dari 30 ribu pada bulan Mei 2012. Target jumlah pengguna dapat meningkat menjadi lebih dari 100 ribu hingga akhir tahun. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah transaksi maupun nilai transaksinya tumbuh hingga sebesar 130% dan 61%.

"Inovasi yang senantiasa kami lakukan selama ini terbukti dapat memberikan solusi bagi nasabah dan keluarganya dalam melakukan transaksi perbankan. Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah nasabah yang melakukan transaksi melalui dua kanal elektronik kami, yaitu PermataMobile dan PermataNet yang terus meningkat. Kecenderungan ini menjadi gambaran bahwa pergeseran perilaku nasabah dalam bertransaksi dengan menggunakan medium elektronik terus meningkat. Untuk itu kami akan terus kembangkan dan tingkatkan layanan yang selama ini telah tersedia agar dapat senantiasa memenuhi kebutuhan nasabah," ujar Lauren Sulistiawati, Direktur Retail Banking Permata Bank, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (6/6).

Bianto Surodjo, Head Retail Liabilities, Wealth Management dan e-Channels PermataBank, menjelaskan keunikan dari e-channel Permata Bank dibandingkan dengan bank lain yaitu satu design yang selalu berpusat pada masyarakat. “Kami punya 120 fitur transaksi, lalu pembedanya yang lain adalah design kami yang sederhana. Nasabah yang baru pertama kali memakai, gampang mengadaptasi layanan ini,” ujar Bianto.

Ia menambahkan masyarakat saat ini memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, baik nasabah di segmen Personal, Preferred hingga remaja dengan PermataMe-nya. Penggunaan gadget berupa telepon pintar, tablet dan laptop sudah tentu menjadi keseharian mereka dalam menopang aktifitasnya. Oleh karena itu layanan berbasis teknologi yang ramah pengguna dan on line real time menjadi solusi yang berikan kepada nasabah.

Pertumbuhan nilai tabungan Permata Bank tercatat sangat signifikan pada tahun 2011, yaitu 40% menjadi Rp 16.7 Triliun.

Layanan e-Cannel Permata Bank memiliki berbagai layanan elektronik seperti PermataATM, PermataMobile, PermataNet, EMA (EDC Mini ATM), PermataTel dsb. Keunggulan yang dimiliki olah layanan ini adalah sebagaian besar transaksinya terjadi secara langsung dan seketika (on line real time) dengan beragam jenis transaksi. Untuk transaksi pembayaran tercatat dapat dilakukan ke berbagai kartu kredit, semua operator telepon selular paska bayar, Telkom, fasilitas publik (PLN, Palyja, PAM Bintaro dan BSD, waterplace apartemen), cicilan (ACC, FIF, TA Finance, Personal Loan) Asuransi (AAB, Prudential, Allianz, CIGNA, Commonwealth Life, Manulife dan lainnya), pendidikan di beberapa sekolah dan universitas terkemuka di Indonesia, tiket (GIA, Air Asia, Lion Air, Mandala Air, Voltras), Televisi berbayar, internet, zakat/donasi, Sekuritas, dan Virtual Account. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)