Di Balik Lesunya Penjualan Compact Camera

Perkembangan pasar compact camera sepertinya mengalami penuruanan untuk tahun ini. Perubahan perilaku konsumen menjadi alasan utamanya. Salah satu yang merasakan dampak dari perubahan konsumen ini adalah pt. Datascrip, distributor Canon. Penjualan compact camera hingga bulan ini rupanya masih stagnan, padahal semula  Datascrip menargetkan penjualan sebanyak 330 ribu unit.

Peluncuran IXUS 225 HS, IXUS 135, dan IXUS 132 Mei 2013 Peluncuran IXUS 225 HS, IXUS 135, dan IXUS 132 Mei 2013

Perkembangan smartphone dengan kamera berresolusi tinggi memang harus diwasapadai. Banjirnya smartphone dengan harga yang relatif terjangkau merupakan salah satu penyebab stagnanya penjualannya compact camera. Walaupun demikian penjualan DSLR masih dipandang postif dan akan tetap mengalami pertumbuhan sebelum pergantian tahun.

“Untuk saat ini saya bisa katakan perkembangan pasar khususnya di Indonesia untuk DSLR masih bagus, kami masih melihat adanya pertumbuhan sekitar 10% . Untuk compact camera malah bisa dikatakan tidak ada pertumbuhan malah cenderung akan sedikit turun,” jelas Sintra Wong, Divison Manager of Canon Image Communication Product Divison pt. Datascrip.

Kelas kamera entry level seperti 1100D dan 600D rupanya masih diminati oleh masyarakat dan menjadi penyumbang besar dalam angka penjualan. Dua bulan sebelum pergantian tahun camera entry level ini diharapkan dapat menggenjot angka penjualan DSLR. Sedangkan untuk menggenjot pertumbuhan penjualan compact camera rencananya pt. Datascrip akan gencar melakukan promosi-promosi ATL dan BTL.

“Yang pasti kami akan banyak melakukan kegiatan promosi untuk end user ya, termasuk dari above the line menggunakan iklan-iklan akan lebih gencar dalam 2 bulan terakhir ini dan prmo below the line dengan cara melakukan program-program khusus untk end user di outlet kami atau reseller kami,” terang Sintra lebih lanjut.

Melihat perubahan pasar pt. Datascrip sudah memiliki strategi untuk menggenjot angka penjualan tahun depan. Pt Datascrip selaku distributor camera Canon sudah melihat perubahan tren konsumen terutama kelas menengah. Seperti yang diketahui kelas menegah saat ini memang terus bertumbuh dan semakin besar. Tahun depan kelas menengah ini akan menjadi fokus utama pt. Datascrip.

“Kami melihat kelas menengah saat ini sedang bertumbuh dan untuk mengantisipasi gencarnya promosi smartphone dengan kamera resolusi tinggi kami akan lebih fokus menggarap promosi kamera saku dengan zoom tinggi. Pasar inilah yang belum diambil oleh kamera smartphone,” tegasnya. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)