Didesain Khusus Pasar ASEAN, Ford Urban SUV Terbaru Hadir di Indonesia

Mobil urban SUV merek Amerika Serikat, Ford All-New EcoSport, segera hadir di Indonesia. Untuk pasar Indonesia Ford akan merilis lima tipe EcoSport dengan transmisi otomatis dan manual. Harganya mulai Rp 195,4 juta sampai Rp 242,4 juta. "Ecosport adalah SUV urban yang mengusung empat pilar Ford, yakni kualitas, hijau, keselamatan, dan pintar. Kini hadir di Indonesia," ujar Bagus Susanto, Direktur Pelaksana PT Ford Motor Indonesia (FMI).

Ilustrasi Ford All-New EcoSport Ilustrasi Ford All-New EcoSport

Mobil yang mengambil basis dari Ford Fiesta ini sendiri didesain khusus untuk pasar ASEAN. All-New EcoSport akan diproduksi di pabrik baru Ford Thailand di Rayong, Thailand. All-New EcoSport memadukan kelincahan dan efisiensi bahan bakar dari sedan dengan kemampuan SUV. Mobil ini akan dilengkapi dengan mesin empat silinder 1.5L Ti-VCT global yang menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi puncak 142 Nm pada 4.400 rpm. Mesin Ti-VCT 1.5L ini dapat dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan Ford PowerShift atau transmisi manual lima percepatan.

All-New EcoSport didesain untuk menaklukan musim hujan di Indonesia, karena dapat mengarungi kedalaman air hingga 550 milimeter. Pengemudi dan penumpang tetap aman dan terhibur untuk melakukan panggilan telepon dan memilih lagu tanpa menggunakan tangan (hands-free), karena disediakan sistem konektivitas dalam mobil Ford SYNC. "Target konsumen kita yang berjiwa muda dan suka berpetualang," ucap Christian Abraham Gandawinata, Product Launch Manager FMI.

Selain itu, ada fitur Smart Keyless Entry, sehingga pengemudi tidak perlu menyiapkan kunci untuk membuka pintu atau menyalakan mesin SUV dan fitur Hill Launch Assist yang berguna untuk menahan kendaraan tiga detik saat pengemudi memindahkan kaki dari rem ke ke pedal gas saat tanjakan maupun turunan.

Meski All-New EcoSport sudah mulai dijual, FMI belum meluncurkannya secara resmi Ecosport di Indonesia. Karena itu, saat ini FMI menawarkan harga khusus. "Harga indikasi, kami menyebutnya, disiapkan untuk menangkap animo konsumen yang besar ketika Ecosport dipamerkan di IIMS, September lalu," ujar Bagus. Untuk mendukung penjualan ini, Ford akan menggelar serangkaian pameran di Jakarta dan sekitarnya. Selama pameran, jika ada konsumen membuka SPK, akan memperoleh harga khusus. "Jadi, saat  peluncuran harganya tidak naik. Konsumen yang sudah pesan tetap membayar dengan  harga yang ditawarkan sekarang," tambah Bagus.

Sebagai pre-event peluncuran, Ford menggelar kampanye Urban Discoveries. Kampanye ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menjelajahi dan menemukan tempat unik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pemenangnya berhak memenangkan 1 unit mobil ini. Menurut Christian, program ini berlangsung mulai 7 Januari dan pemenang diumumkan pada 22 Mei mendatang.

Tahun lalu, FMI mencatat penjualan di atas 10.000 unit mobil. Kontribusi terbesar datang dari produk All-New Fiesta dan All-New Ranger. Sementara itu, market share All-New Focus naik ke 12% di tahun lalu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)