Melalui Famtrip Kementerian Pariwisata Dongkrak Turis Nusantara

Guna mendorong minat masyarakat untuk menyukai wisata dalam negeri, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggelar Famtrip (familiarization trip) 2015 The Wonder Imlek Festival di Indonesia pada saat liburan hari raya Imlek pada tanggal 19 Februari hingga 5 Maret 2015. Melalui kegiatan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mempromosikan daya tarik wisata daerah dalam bingkai Wonderful Indonesia.

IMG_20150213_181450

Selain ritual tahunan, Imlek bagi warga Tionghoa merupakan bagian dari warisan budaya yang menyatu dengan kepercayaan. Di pelosok Indonesia banyak daerah yang akan memeriahkan perayaan Imlek. Seperti perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Pasar Imlek Semawis Semarang, Grebek Sudiro di Solo, Gebyar Imlek Fair di Medan dan Palembang dengan aneka kegiatan di China Town Dempo.

"Target dari acara ini adalah untuk mendaptkan tambahan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya Cina sebanyak 1juta orang. Selain itu juga dalam rangka mengangkat event daerah dan potensi wisata dalam negeri sehingga wisataman nusantara dapat tergerakkan untuk berwisata di dalam negeri sendiri," ujar Ratna Surani, Direktur Pencitraan Indonesia Kementerian Pariwisata RI saat membuka peluncuran Famtrip di Hotel Mercure Sabang, Jakarta (12/2).

Ratna menambahkan, dalam rangka mencapai target tersebut Kemenpar menerapkan strategi promosi pariwisata secara terintegrasi antara cetak, elektronik, online, ruang dan kegiatan aktivasi. Salah satunya mengajak 14 orang komunitas sosial media mengikuti kegiatan Famtrip Imlek untuk menjelajahi destinasi di Semarang dan Solo saat perayaan tahun baru Imlek tahun ini.

"14 komunitas tersebut terdiri dari blogger, videographer, photographer dan travel buzzer yang akan membantu mempromosikan tujuan wisata di negeri sendiri dan membagikan atraksi wisata yang disambangi di berbagai media, salah satunya dengan memberi hastag #ImlekNusantara di media sosial," tambah Ratna.

Kemenpar juga mengadakan kompetisi foto bertajuk pesona Indonesia Wonderful Imlek. Pendaftaran kompetisi ini dimulai dari 5 Februari hingga 31 Maret 2015. Akan ada 8 orang pemenang yang akan mendapatkan hadiah tiket PP Jakarta-Pontianak Singkawang dan Jakarta-Pangkal Pinang, Bangka Belitung. 6 pemenang lainnya akan mendapatkan uang tunia, voucher hotel dan belanja.

Tidak hanya perayaan Imlek saja, sebagai negara yang penuh dengan keragaman budaya di Indonesia, Kemenpar juga akan menggarap perayaan hari besar lainnya dengan berbagai event yang bertujuan agar seluruh bangsa Indonesia bisa menjadi duta wisata bagi negaranya sendiri. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)