Dua Fokus Lenovo Mengoptimalkan Penjualan

Meski memiliki pangsa pasar yang cukup besar, Lenovo terus berbenah. Produsen perangkat teknologi asal China tersebut kian agresif melahap pasar Indonesia. Beragam produk terus dikembangkan oleh perusahaan raksasa itu seperti ; PC, tablet computer, hingga ponsel pintar. Keberhasilan Lenovo tidak hanya didapat melalui inovasi produk, tetapi juga dua hal yang menjadi fokus perusahaan. Apa saja?

Lenovo K900 Lenovo K900

Fokus pertama adalah branding. Kegiatan komunikasi tersebut giat digencarkan oleh Lenovo. Miranda Vania Warokka, MIDH Marketing Manager Lenovo, mengklaim, merek Lenovo sudah cukup kuat untuk kategori PC, baik di pasar global dan Indonesia. Ketenaran tersebut menurutnya berdampak ke produk ponsel pintar Lenovo. “Strategi kami juga mengeluarkan ponsel berkualitas tinggi. Karena PC kami dikenal sebagai perangkat yang berkualitas tinggi, maka ponsel ini diharapkan akan bisa mendapatkan apresiasi sama seperti PC Lenovo. Kami jamin ini bukan merek murahan,” ujar Miranda.

Fokus kedua adalah soal distribusi. Sebagai perusahaan besar, saluran distribusi menjadi perhatian utama. Umumnya banyak cara yang dilakukan produsen perangkat teknologi untuk memenangi persaingan di pasar. Mulai dari penambahan gerai, distributor, hingga proses pengiriman barang dari luar ke dalam negeri. “Sebenarnya kami memiliki kendala soal pengapalan, yaitu kendala distribusi yang tersendat padahal produk sudah diluncurkan. Jadi karena distribusi yang tersendat masyarakat sulit mencarinya,” ungkapnya.

Lalu, bagaimana soal penjualan tahun ini?. “Belum bisa dibandingkan dengan tahun lalu. Ponsel pintar Lenovo baru masuk bulan Februari tahun ini” tandas Miranda yang enggan membuka soal penjualan lebih lanjut.

Ia menjelaskan, setiap kuarter pihaknya mengeluarkan 5-6 varian ponsel terbaru. Dari kuartal kedua kemarin, sudah ada 12 varian terbaru, namun belum semuanya masuk ke pasar Indonesia. Sebagai contoh, Lenovo A706 dan A309 yang sudah dilempar sebelum Idhul Fitri. Sedangkan varian teranyar K900 akan hadir dalam waktu 2-3 minggu ke depan. “Sebenarnya produk unggulan kami yaitu Lenovo K900, seharusnya sudah masuk pada bulan Juli. Tapi karena terlambat masuk, jadi masih Lenovo seri A,” sahutnya.

Dari sisi teknologi, menurut Miranda, K900 memiliki teknologi yang paling unggul. Misalnya, unggul soal multimedia dan mesin yang memang paling jawara dari semua seri yang ada. Selain itu, dari perangkat ini juga unggul dari segi desain, perangkat keras dan perangkat lunak lainnya. “Kami agak sulit untuk menyebutkan angka . Tetapi kami menargetkan ingin menjadi smartphone nomor 3 di Indonesia untuk saat ini, “ harap Miranda. (Nidaaul/Ario)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)