Duo Pendiri Geoff Max Kini Rambah Sepatu Olahraga Athletica

Salah satu koleksi sepatu Athletica. (dok. Instagram/Athletica)

Setelah sukses membesarkan merek sepatu lokal Geoff Max, duo Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda kini berekspansi meluncurkan merek baru, Athletica. Merek sepatu olahraga yang dihadirkan pada tahun 2020 ini diciptakan untuk menyasar konsumen pecinta olahraga yang bangga menggunakan produk lokal.

Kedua sahabat ini menyadari adanya perubahan pola perilaku masyarakat di tengah pandemi, di mana tingkat kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat serta tren olahraga semakin berkembang. Antusiasme masyarakat terhadap produk-produk yang dihadirkan oleh Athletica juga dinilai tinggi. Produk awal yang dihadirkan oleh Athletica adalah sepatu olah raga. Setelah itu, Athletica kembali memperkenalkan pakaian hingga aksesoris olahraga guna menambah varian dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Yusuf Ramdhani selaku Owner & Chief Marketing Officer Athletica & Geoff Max menjelaskan bahwa kedua brand yang dibuat menargetkan dua segmen konsumen berbeda. “Geoff Max merupakan sepatu lifestyle, sementara Athletica untuk olahraga. Meski demikian, kami menggunakan pengalaman dari Geoff Max untuk menjalankan strategi pemasaran dengan beberapa modifikasi dan eksplorasi dalam konten olahraga,” jelas Yusuf.

Selain memiliki visi dan misi untuk menunjukan potensi produk lokal, sejak awal berdiri Fauzan & Yusuf ingin menciptakan lapangan pekerjaan. Di mana Athletica merupakan murni produk lokal yang menggunakan bahan baku serta material dari Indonesia, diproduksi secara lokal, proses pemasaran keseluruhan di lakukan di dalam negeri dan memanfaatkan SDM dalam negeri. Hal ini dilakukan karena Athletica percaya pembuatan yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia dapat memperkuat potensi serta kualitas produk lokal dapat bersaing dengan brand luar negeri.

Kualitas menjadi perhatian utama, khususnya untuk rangkaian produk yang mendukung aktivitas olahraga dan sehari-hari. Di mana produk Athletica sendiri memiliki keunggulan seperti berat yang sangat ringan hanya 165gr, Elastic Knit Upper lebih fleksibel menyesuaikan dengan kontur kaki, Endura Heel Tab,menahan bagian tumit sehingga lebih nyaman ketika bergerak cepat dan Topylonistas Outsole berbahan pylon yang ringan dan lebih responsif untuk berlari.

“Semua produk Athletica melalui proses pengecekan secara menyeluruh sebelum di jual kepada konsumen, kualitas dan harga yang Athletica tawarkan meyakinkan kami bahwa produk ini patut di coba dan dapat bersaing dengan produk global,” ungkap Yusuf.

Untuk terus melebarkan sayapnya, Fauzan & Yusuf sadar perkembangan teknologi serta perubahan pola perilaku masyarakat khususnya dalam berbelanja online juga menjadi salah satu peluang untuk memperluas jangkauan produknya. Untuk brand Athletica, yang dilahirkan pada awal pandemi, pemasaran online merupakan strategi utama untuk meningkatkan eksposur juga perkembangan brand. Salah satunya dengan menghadirkan Athletica Official Shop di ShopeeMall di tahun 2020.

Selain itu, Athletica juga bergabung bersama Program Ekspor Shopee pada tahun ini sebagai salah satu upaya untuk melebarkan sayap. Saat ini, produk-produk Athletica dapat diakses di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam dan Brazil. Athletica pun menyambut positif inisiatif Shopee dalam membuka jalan bagi produk lokal untuk dapat bersaing di tengah pasar global ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)