Marketing Trends

E-bancassurance Terbaru Kolaborasi Permata Bank dan Astra Life

Konferensi virtual AVA iFamily Protection.

Permata Bank dan Astra Life berkolaborasi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama Ava iFamily Protection di PermataMobile X. Produk asuransi kesehatan ini diklaim memiliki pilihan manfaat asuransi beragam, premi terjangkau, hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) dan tersedia bagi seluruh nasabah bank tersebut.

Pandemi COVID-19 secara tidak langsung telah menjadi katalis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan pengaturan finansial, termasuk pentingnya asuransi untuk memitigasi risiko-risiko kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.

Kondisi ini dibuktikan oleh survei lembaga riset Nielsen mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini meningkat hingga 24 persen, dari sebelumnya hanya single digit.

Menurut data yang dikeluarkan AAJI pada Maret 2021, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV 2020 meningkat sebesar 81,7% dari Rp 50,56 triliun menjadi Rp 91,86 triliun dan optimis akan terus meningkat. Fakta lainnya adalah angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat yaitu Rp 5,22 triliun di Q2 2020 menjadi Rp 9,88 triliun di Q4 2020.

Astra Life dan Permata Bank telah bermitra lebih dari enam tahun melalui bentuk kerja sama bancassurance. Keduanya berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, termasuk penyediaan produk perlindungan jiwa dan kesehatan oleh Astra Life di dalam PermataMobileX sejak bulan Februari 2020.

Hasil kerja melalui jalur e-bancassurance PermataMobile X ini telah mencatat hasil yang positif yaitu peningkatan penjualan lebih dari 700 kali lipat pada akhir semester dua 2020 dibandingkan saat peluncurannya di semester satu 2020 (bulan Februari).

Ancilla Lily, Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life mengatakan, pihaknya fokus dalam meningkatkan layanan digital Astra Life untuk kemudahan nasabah. Dia mengklaim keunggulannya antara lain fitur premi kembali 100% sehingga tidak membebani keuangan keluarga, santunan rawat inap hingga Rp3 juta per hari, dan kemudahan proses pembelian secara digital end to end di PermataMobile X, membuat produk ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Ursula Sista Pravesthi, Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment Permata Bank menambahkan, produk baru ini diharapkan dapat melengkapi pengalaman yang seamless bagi nasabah dan meningkatkan engagement nasabah dengan Permata Bank. Proses pengajuan yang praktis dan singkat, pilihan manfaat asuransi yang beragam serta premi yang terjangkau hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) yang dikirim langsung ke alamat e-mail nasabah merupakan beragam keunggulan dari fitur pembelian produk asuransi pada PermataMobile X.

Ava iFamily Protection adalah produk perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, santuan rawat inap dan santunan rawat inap ICU, serta penggantian biaya rawat jalan darurat. Juga, opsi premi kembali 100% di akhir masa kepesertaan selama polis masih aktif, walaupun sudah pernah melakukan klaim santunan rawat inap dan santunan rawat inap ICU.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved