E-commerce Harus Siapkan Banyak Komponen Value Chain

Tahun depan bisnis e-commerce diramalkan semakin cerah. Peningkatan jumlah kelas menengah dinilai mampu menstimulasi bisnis jual beli online. Tantangan yang dihadapi di bisnis ini pun kian beragam. Andi S. Boediman, Direktur Ideosource Venture Capital Agency, menuturkan, tahun depan bisnis e-commerce memerlukan banyak komponen value chain yang mesti disiapkan. Apa saja?

Pertama adalah administrasi produk, seperti fotografi, desain, membuat deskripsi. Kedua, teknologi informasi. Pendiri International Design School (IDC) ini juga mengatakan pentingnya tim pemasaran dan penjualan, misalnya search engine optimization, search engine marketing, afiliate marketing, social media marketing, dan sales targeting ke segmen tertentu. Hal ketiga adalah transaction fulfillment. Kemudian, shipping & handling, payment dan terakhir adalah inventory.

“Untuk menangani tersebut, perusahaan perlu membangun inhouse team yang tentunya akan menjadi mahal. Jika ditangani dalam skala kecil maka perusahaan akan susah untuk scaling. Jadi mereka akan berusaha mencari partner yang mampu memberikan solusi terintegrasi ini,” terang Andi.

Ia menilai, e-commerce tumbuh luar biasa di tahun 2012. Kebanyakan dari perusahaan fokus di vertical market, khususnya fashion. Di luar itu, yang fokus ke horizontal market seperti Blibli dan Lazada bersaing ketat untuk menjadi top of mind dengan belanja iklan online yang besar.

“Di tahun depan persaingan akan makin niche dengan masing-masing merek bersiap-siap untuk membuka e-commerce sendiri. Mereka akan membuat toko online sendiri dan juga akan hadir di e-commerce besar, jadi strategi multi channel akan digunakan, seperti halnya di offline, merek punya flagship store sendiri maupun tetap ada di Sogo/Metro. Jadi peluang e-commerce masih sangat-sangat besar,” Andi memprediksi. Ia menambahkan, dari sisi konsumen akan makin terbiasa belanja online sehingga ekspektasi kecepatan pengiriman akan makin dibutuhkan. (EVA)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)