Marketing Trends

Ekonomi Lemah, Hino Justru Kuasai Market Share 59%

Ekonomi Lemah, Hino Justru Kuasai Market Share 59%

Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil, tentu berdampak kepada dunia bisnis. Namun PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) masih bisa bertahan dengan penjualan sebanyak 3.771 unit atau menguasai market share sebesar 59.07% untuk segmen medium duty truck.

Sementara dari segmen light duty truck juga mengalami peningkatan penjualan. Di tahun ini Hino berhasil mencatatkan market share 21% atau membukukan penjualan 4.594 unit, hasil ini lebih baik jika dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 18%.

20160616_171233_resized

Secara total pasar kendaraan komersial selama Januari – Mei 2016 mengalami penurunan 18% jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Untuk medium duty truck pasar turun sebanyak 12% dimana tahun lalu terjual 7.226 unit kendaraan sedangkan untuk tahun ini pasar melorot menjadi 6.384 unit. Sementara untuk segmen light duty truck pasar turun lebih dalam lagi yaitu sebanyak 20% ke angka 21.881 dari tahun sebelumnya yang mampu membukukan 27.194 unit penjualan.

“Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial, penurunan pasar kendaraan komersial cukup significant pada tahun ini,namun market share kami selama Januari – May 2016 dapat meningkat menjadi 21% untuk Hino Dutro dan Hino Ranger tetap bertahan diangka 59%,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI.

Menurutnya, hasil positif tidak terlepas dari produk – produk terbaik dengan beragam pilihan yang diberikan kepada customer untuk mempermudah menjalankan bisnisnya, serta layanan purna jual yang prima dan didukung dengan jaringan penjualan yang tersebar diseluruh Indonesia.

Lebih lanjut Santiko mengatakan, di tengah keadaaan pasar yang tertekan dan ekonomi yang melambat. Pelaku industri otomotif terutama kendaraan komersil berharap pada belanja pemerintah dan proyek – proyek infrastruktur yang akan dijalankan. Sehingga ekonomi dapat terdorong dan pasar kendaraan komersial kembali bergairah.

Untuk itu Hino optimis di semester II nanti target akan tercapai, dimana HMSI mematok target dapat menguasai 65% pangsa pasar untuk segmen medium duty truck dan 20% untuk segmen light duty truck di tahun 2016.

Strategi mencapai target tersebut HMSI fokus pada segmen swasta seperti industri cargo atau distribusi dan juga sektor goverment melalui e-catalog juga ikut di genjot untuk memenuhi kebutuhan pemerintah akan kendaraan komersial. Selain itu Hino akan terus memperkuat jaringan penjualan dan purna jualnya dengan menambah beberapa showroom baru di kawasan perindustrian dan kota – kota yang strategis sehingga diharapkan akhir tahun nanti Hino memiliki 170 outlet showroom di seluruh Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved