El John Berniat Garap Turis Rusia

Johnnie Sugiarto, Presiden Direktur El John Indonesia, berpandangan, turis Rusia yang datang ke Indonesia adalah pangsa pasar yang perlu digarap mengingat jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Selain itu, seiring dengan majunya Rusia di dalam teknologi tertentu, maka pengusaha Rusia terkait pun perlu diundang untuk melakukan eksibisi di Tanah Air.

Johnnie Sugiarto, Presiden Direktur El John Indonesia

"Saya melihat mereka sekarang pertumbuhannya sangat cepat, turis makin banyak dari Rusia. Jumlah penduduk di atas 100 juta jiwa jadi potensi yang kuat. Ini momentum yang mesti ditangkap," kata Johnnie kepada SWA Online, di sela-sela pertemuan informal antara pebisnis Rusia dengan pebisnis Indonesia, di Jakarta.

Seiring dengan melonjaknya jumlah turis Rusia, El John pun tergiur untuk menggarapnya. Pembicaraan dengan sejumlah pengusaha terkait, yakni di bidang pariwisata, asal Rusia telah dilakukan. Untuk bisa sukses menggarap wisatawan ini, Johnie menegaskan, kebiasaan orang Rusia harus dipelajari. "Kami kan punya travel," imbuhnya.

Bukan hanya itu, majunya Rusia di beberapa bidang teknologi, juga bisa menjadi peluang pasar. Johnnie menuturkan, pengusaha asing itu bisa diundang mengadakan pameran di Indonesia mengingat belum semua masyarakat Indonesia mengenal kelebihannya Rusia. El John pun menyatakan kesiapannya untuk menjadi pihak penyelenggara.

"El-John sudah ketemu beberapa pengusaha sana, sudah bicara. Kemungkinan akan ada pertemuan lebih lanjut," imbuhnya.

Sekalipun sudah berkomunikasi, belum ada rencana  antara El John dengan pengusaha Rusia untuk menjalin kerja sama bisnis. Sejauh ini, semua masih dalam tahap pembicaraan. Dan, El John pun siap jika pengusaha Rusia mau bermitra dengan perusahaan yang menggeluti bisnis MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) ini.

Terkait kerja sama bisnis, pihak El John sendiri, menurut Johnnie, menginginkan adanya sejumlah tahapan, yakni, pertama, pengusaha Rusia membuat eksibisi di Indonesia, misalnya pameran untuk memperkenalkan teknologi mereka. Kedua, El John akan menggarap turis Rusia yang datang ke Indonesia. Ketiga adalah investasi. Ini menjadi yang terakhir karena pengusaha Rusia tentunya harus menjajaki lebih dalam mengenai peluang investasi di Indonesia. Apalagi terdengar kabar bahwa pengusaha Rusia dan Turki melihat adanya ketidakpastian hukum di Tanah Air.

"Sebagai turis nggak ada masalah. Tapi kalau jadi investor musti menggali lebih dalam kenapa investasi di Indonesia tidak banyak," sambung Johnie.

Sejauh ini, kerja sama bisnis El John dengan pihak asing adalah dengan Turki. Bersama dengan pengusaha Turki, El John menggarap pembangunan water park di sejumlah tempat, yakni di Jawa Timur, Sumatera Selatan,  dan Bangka-Belitung. "Mulai groundbreaking tahun depan semua (tempat) itu, karena desain semua sudah jadi," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)