EMO Hannover Buka Pintu untuk Pebisnis Mesin Perkakas Indonesia

Ketika badai krisis Eropa melesukan industri manufaktur, Asosiasi Industri Mesin Perkakas Jerman (Vereinigung Deutscher Wissenschaftler, VDW) malah menggelar pameran mesin perkakas di Hannover, Jerman. Pameran B2B industri pengerjaan logam bertajuk EMO Hannover 2013 tersebut diikuti lebih dari 1.500 produsen mesin perkakas dan komponen yang menampikan berbagai produk, solusi, dan jasa layanan bagi para pelanggan global.

Christoph Miller

“Ini adalah forum inovasi dunia yang terbesar dan paling penting,” kata Christoph Miller, Managing Director EMO Hannover. Pameran yang digelar tanggal 16 sampai 21 September 2013 ini menargetkan partisipasi 2.000 perusahaan dari 34 negara. Sampai 12 Desember 2012, sebanyak 1.538 perusahaan telah mendaftarkan diri. Dari acara sebelumnya, kontrak senilai US$ 6,3 miliar telah ditandatangani.

Sayang, sejak awal diselenggarakan, EMO Hannover belum pernah diikuti oleh perusahaan mesin perkakas Indonesia. Biasanya para pelaku industri dari Indonesia hanya hadir sebagai pengunjung di pameran besar yang menampilkan teknologi tinggi semacam ini. Tahun 2011 lalu, sekitar 100 dari 140.000 pengunjung acara yang memanfaatkan lahan 150.000 meter persegi ini berasal dari Indonesia, baik yang mewakili pemerintahan maupun instansi swasta.

“Jerman itu bukan pesaing kita lah, teknologinya sudah jauh sekali,” Ir Dasep Ahmadi, Ketia Umum Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menjelaskan, “Jerman dan Indonesia saling melengkapi, jadi sangat ideal untuk kerja sama, mengadopsi teknologi dari Jerman baik untuk B2B maupun B2C.”

Paula Yahya, Managing Director PT Pro Fair Indonesia selaku perwakilan Deutsche Messe AG di Indonesia memperkirakan besarnya investasi pengunjung dari Indonesia sekitar US$ 2.500. Hartwig von Saβ menambahkan, pengunjung bisa saja hanya mengeluarkan US$ 1.000 asal pandai-pandai berburu akomodasi kelas ekonomi jauh-jauh hari. “Yang penting adalah apa yang bisa didapat dari acara ini. Pengunjung akan memperoleh total overview tentang inovasi dari industri. Value ini yang tidak bisa didapat dari manapun,” kata Kepala Bidang Komunikasi Deutsche Messe AG ini. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)