Empat Strategi Branding Efektif di Media Sosial

Bagi pemegang merek, media sosial bukan hanya diartikan sebagai tempat berbagi informasi dan komunikasi. Lebih dari itu, media virtual ini kerap kali dimanfaatkan sebagai senjata untuk melakukan branding. Namun tidak sedikit dari mereka justru gagal menjalankan proyek branding-nya. Aswin Regawa, Agen Facebook Indonesia membeberkan empat strategi branding yang efektif. Apa saja?

Pertama, pengetahuan dan tujuan pembuatan akun social media. Jika belum memiliki konsep dan tujuan yang jelas, maka target yang ingin dicapai biasanya kurang berhasil. Kedua, pemegang merek harus merancang strategi pemasaran yang hendak dilakukan dijejaring sosial.

Facebook adalah platform untuk audience/fans, sementara website adalah plafform buat merek itu sendiri. Jadi, mesti cerdas bagaimana pengolahan pesan di media-media tersebut agar fans/audience merasa tidak ada batas antara produsen dan konsumen,” dia menyarankan.

Ketiga, mengetahui customer insight dari fans. Misalnya, jika produk minuman bersoda, maka pengelola (admin) harus pandai meramu pesan sehingga bisa mendekatkan diri dengan fansnya. Customer insight bisa dilihat dari segi usia, kebiasaan fans di Facebook, demografi, hal yang biasa disukai dan tidak disukai.

Keempat, memiliki strategi jangka panjang dengan penerapan komunikasi pemasaran yang baik dan benar. “Jangan membangun komunikasi yang taktikal, tapi harus bisa brand building. Ini kembali lagi ke point satu sampai tiga,” Aswin menambahkan.

Menurutnya, indikator kesuksesan branding terbagi menjadi dua, terlihat dan tidak terlihat. Untuk yang terlihat seperti jumlah fans, likes, komentar, dan posting. Sedangkan yang tidak terlihat adalah efektifitas dan ketepatan pemegang merek dalam memanfaatkan komunitas untuk menyukseskan sebuah acara/konser/promo produk. Contohnya, mendata seberapa banyak penonton (komunitas di sosial media) yang datang ke konser ST 12.

Saat ini ada beberapa merek yang dinilainya sukses menjalankan branding. Merek-merek ini juga menjadi merek yang paling banyak dihuni fans sehingga menduduki peringkat teratas sebagai merek paling populer di Indonesia. Sebut saja Surfer Girl dengan 2.127.878 fans, Chocolatos sebanyak 1.815.190 fans, BlackBerry dengan 1.594.791 fans, disusul Yamaha Motor yang mencapai 1.502.838 fans, dan AXE ID sebanyak 1.002.178 fans. Kategori public figure, Mario Teguh masih menduduki peringkat teratas dengan lebih dari 5 juta fans. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)