Marketing Trends

Empat Varian Vocer Netflix di Alfamart

Empat Varian Vocer Netflix di Alfamart
Gerai Alfamart. (Foto : Istimewa)

PT Abdi Anugerah Persada (AAP), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) bekerja sama dengan Euronet, anak usaha Euronet Worldwide, Inc. (EEFT) untuk mendistribusikan vocer Netflix yang pertamakalinya di Indonesia melalui PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)/Alfamart. Kerja sama ini memudahkan akses konsumen membeli vocer Netflix prabayar di Alfamart dengan menggunakan tanda terima cetak

Vocer Netflix yang tersedia di Alfamart terdiri dari 4 jenis, yaitu vocer seharga Rp 54 ribu, Rp 120 ribu, Rp 153 ribu, dan Rp 186 ribu. Berdasarkan survei Media Partners Asia (KKP), pelanggan Netflix di Indonesia per Januari 2021 hanya berjumlah 850 ribu. Metode pembayaran baru menggunakan voucher digital ini tentu akan menjadi potensi besar bagi pertumbuhan pelanggan Netflix di Indonesia. Metode pembayaran ini juga ditargetkan untuk menjangkau 51% penduduk Indonesia yang berada dalam kategori unbanked pada 2021 berdasarkan Statista. Artinya, kini pelanggan Netflix yang tidak memiliki akses ke pembayaran online atau kredit/debit dapat menggunakan vocer Netflix sebagai pembayaran berlangganan yang mudah.

Cara membeli vocer ini semudah membalikkan telapak tangan. Pelanggan menyambangi gerai Alfamart dan meminta vocer prabayar Netflix di kasir. Setelah melakukan pembayaran, kode vocer Netflix akan muncul pada struk tanda terima pembelian yang tercetak. Pelanggan kemudian dapat menukarkannya/redeem di Netflix.com dan menikmati berbagai konten Netflix.

Ryan Alfons Kaloh, Direktur Pemasaran Alfamart, mengatakan kerja sama ini menghasilkan produk digital yang menarik dan terkini bagi pelanggan. “Dengan metode print on receipt, pelanggan dapat melakukan pembelian berbagai jenis voucher Netflix di Alfamart dan melakukan redemption pada akun Netflix-nya dengan mudah, cepat, dan nyaman,” ujar Ryan di Jakarta pada Senin pekan ini.

Jumlah gerai Alfamart lebih dari 17 ribu unit di seluruh Indonesia, dengan profil pelanggan yang sebagian besar masih menggunakan pembayaran tunai. “Hal ini akan menjadi touchpoint yang sangat kuat bagi Netflix untuk menjangkau segmen pelanggan baru,” ungkapnya.

Vocer Netflix didistribusikan di Indonesia melalui kemitraan strategis antara Euronet Worldwide dan AAP, aggregator produk digital dan telah bekerja sama dengan Alfamart dalam mendistribusikan beragam variasi produk digital di Indonesia. Euronet Worldwide merupakan perusahaan teknologi global yang menggabungkan dan mendistribusikan konten global termasuk Netflix, Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan banyak lainnya.Dengan fokus terkini di Asia Pasifik, khususnya Indonesia, Euronet merilis voucher prabayar Netflix ke pasar Indonesia melalui Alfamart. Ini merupakan inisiatif baru untuk metode pembayaran berlangganan Netflix berupa voucher pertama di Indonesia.

Abraham Theofilus, Direktur Utama NFCX mengapresiasi kemitraan NFCX dengan Euronet untuk melakukan pendistribusian voucher Netflix pertama di Indonesia melalui Alfamart. “Dengan platform aggregator produk digital yang kami kembangkan dan jaringan Alfamart yang kuat, kami berkomitmen membawa produk voucher Netflix lebih dekat bagi masyarakat Indonesia,” ujar Abraham.

Melissiana K., Direktur Utama Euronet Technologies Indonesia, menjelaskan pertumbuhan signifikan pelanggan Netflix, khususnya di Indonesia, maka pihaknya berinisiatif untuk meluncurkan metode pembayaran langganan Netflix dalam bentuk voucher.

Netflix merupakan layanan streaming populer berbasis langganan yang memungkinkan pelanggan menonton acara TV dan film tanpa iklan di perangkat yang terhubung ke internet. Menurut laporan Statista, Netflix telah memiliki 213,56 juta orang pelanggan di seluruh dunia pada kuartal III 2021. Jumlah ini naik 9,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year onyear) sebesar 195,15 juta orang pelanggan, dengan sebanyak 30,05 juta pelanggan di wilayah Asia Pasifik. Pelanggan Netflix dilaporkan melonjak signifikan khususnya selama pandemi Covid-19, mengingat diberlakukannya pembatasan sosial yang menyebabkan masyarakat banyak menghabiskan waktunya di rumah dan menonton video streaming.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved