Erajaya Nikmati Gurihnya Pasar Ponsel Tanah Air

Geliat pasar ponsel Indonesia dirasakan betul oleh PT Erajaya Swasembada Tbk. (Erajaya Group). Tak hanya merevisi target hampir 2,5%, Erajaya pun merencanakan pembukaan store dalam jumlah yang cukup besar di tahun 2013. Target pendapatannya tahun ini direvisi dari Rp 10,8 triliun menjadi Rp 12,5 triliun.

Djatmiko Wardoyo, Director Marketing & Communications Erajaya Group (Tengah)

Bulan Agustus lalu Erajaya baru saja mengakuisisi ritel produk Apple, iBox senilai US$ 18 juta. iBox yang saat itu sudah mengantongi 7 Apple Premium Reseller (APR) dan 6 Apple Authorized Reseller (AAR) akan menambah 4 sampai 5 store lagi. Setelah meresmikan store pertama dibawah anak usaha Erajaya Group, PT Data Citra Mandiri di Kemang, iBox akan membuka AAR di Bandung dan Makassar. Sebelum akhir tahun 2012 iBox juga akan membuka satu lagi storenya di Kasablanka.

“Dari sisi penjualan, unit dan value iBox tinggi sehingga produktifivas tiap outletnya bagus. Average Selling Point-nya juga bagus,” tutur Djatmiko Wardoyo, Direktur Pemasaran & Komunikasi Erajaya Group. Erajaya merencanakan pembukaan 30 hingga 40 store iBox di tahun 2013. Jumlah ini terbilang signifikan mengingat sebelumnya iBox hanya memiliki 16 store sepanjang lebih dari 5 tahun perjalanan bisnis ritelnya di Indonesia.

Sebelum mengakuisisi iBox, produk Apple yang dijual Erajaya hanya iPhone dengan operator XL. PT Sinar Eka Selaras merupakan anak usaha Erajaya Group yang khusus menangani penjualan ponsel segmen teratas ini. Dengan diakuisisinya iBox, range produk Apple dari Erajaya pun meluas.

Melalui iBox, Erajaya menjual iPhone dengan rentang harga Rp 2,99 juta hingga Rp 9 juta. Sedangkan laptop Mac dijual iBox di kisaran harga Rp 11 juta sampai Rp 40 juta. iPad adalah produk Apple yang memberikan kontribusi terbesar bagi iBox. Harganya berada di kisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

Meskipun kontribusi bisnis ritel tidak sedominan bisnis distribusi ponsel, Erajaya terbilang agresif dalam melakukan ekspansi. Selain membuka 4 store iBox, Erajaya Group juga akan meresmikan 3 Android Nation di tahun 2012. Target pembukaan 70 outlet baru di tahun fiskal 2012 pun telah dicapai Erajaya sejak akhir September lalu dengan capex US$ 12 juta atau Rp 98 miliar. Ini artinya Erajaya tercatat memiliki 360 store belum termasuk store iBox.

Pada 9 November 2012 nanti Erajaya akan meresmikan pembukaan Megastore di Surabaya. Android Nation keduanya pun akan segera dibuka di Grand Indonesia tanggal 30 November 2012. Menyusul kemudian Android Nation di Pacific Place dan Living World BSD City.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)