Extra Joss Pilih Sponsorship Sesuai Positioning Merek

icehockeyextrajoss

Banyak upaya dilakukan merek untuk memperkuat posisinya di pasar. Tentunya strategi pemasaran yang dipilih disesuaikan dengan kategori produk merek tersebut. Menurut Sumarwoto, Senior Brand Manager Extra Joss, salah satu langkah Extra Joss adalah melakukan sponsorship, sebagai sarana promosi membangun brand awareness, brand experience, dan brand loyalty.

Extra Joss termasuk merek yang concern terhadap kemajuan olah raga di Tanah Air. Tahun ini, Extra Joss menjadi sponsor utama tim Ice Hokey Indoensia untuk berlaga hingga ke Asean Winter Games. Selain itu Extra Joss juga menjadi sponsor untuk acara Mixed Martial Art yang disiarkan di sebuah stasiun TV swasta nasional.

“Kelayakan sponsorship ditentukan apakah sesuatu event sesuai dengan DNA dan positioning brand yang akan melakukan sponsorship. Ice hockey sebagai salah satu cabang olahraga, dikenal sebagai olahraga yang “keras”, yang memacu adrenalin. Ini dipertimbangkan sesuai dengan DNA Laki Extra Joss,” ujarnya.

Pertimbangan yang sama ketika Extra Joss menjadi sponsor di Mixed Martial Arts, karena acara olah raga itu senada dengan DNA Laki Extra Joss. Menurut Sumarwoto, dukungan sponsor bisa dilakukan secara hardsell atau softsell.

Ia berharap, dengan dukungan Extra Joss pada tim olah raga dapat meningkatkan prestasi olah raga kita di pentas internasional. Sumarwoto menyebut, belum lama ini Extra Joss menjadi sponsor turnamen hoki es yang diadakan di BX Rink, Bintaro Jaya Xchange Mall, tepatnya pada 12 - 15 Oktober 2016. Acara tersebut diikuti beberapa tim perwakilan negara tetangga, diantaranya dari tim Batavia Demons yang mewakili Indonesia, Singapore DP Mantis dan tim dari gabungan pemain asal jepang, Iron Horse.

Lebih lanjut Sumarwoto menjelaskan, bahwa kejuaraan IIHT Extra Joss 2016 itu merupakan rangkaian dari kegiatan Tim Indonesia Musim Dingin yang juga disponsori oleh Extra Joss, dimana Indonesia dipastikan berlaga di Asian Winter 2017 pada Februari 2017 di kota Saporo, Jepang.

Dalam pelaksanaan olahraga musim dingin Asia tersebut, Indonesia di wakili tiga cabang yakni ice hockey, figure skating dan short track speed. Meski cabang olahraga ini belum terlalu populer di Indonesia, namun sebenarnya berbagai prestasi internasional telah ditorehkan baik secara tim maupun individu. Karenanya, Extra Joss menjadi sponsor tim Indonesia pada turnamen olah raga Asia tersebut.

Menurutnya, jika Indonesia sebagai negara tropis bisa menyabet medali di ajang tersebut, itu akan menjadi berita pemasaran yang bagus buat sponsornya. Sumarwoto mengungkapkan performa Extra Joss hingga kuartal ketiga 2016, terus bertumbuh lebih dari 25%. “Bahkan perjalanan Extra Joss di pasaran juga diulas lebih detail di buku “Merek-Merek Juara Kebanggaan Indonesia” yang diluncurkan oleh SWA di Oktober 2016 yang lalu,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)