Selama Februari 2012, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mencatat prestasi penjualan wholesales sebesar 13.556 unit dengan pangsa pasar (market share) 15,7%. Penjualan tersebut meningkat 36% dibandingkan dengan penjualan Februari 2011 lalu yang hanya mencapai 9.958 unit.
Di bulan yang sama, retail sales tercatat 12.758 unit dengan market share 15,3% atau meningkat 27% dari penjualan retail Februari 2011 sebesar 10.018 unit. Komposisi penjualan wholesales pada bulan kedua tahun 2012 ini relatif stabil seperti bulan sebelumnya dengan kontributor terbesar tetap ditempati oleh Daihatsu All New Xenia. Sebagai Low MPV, All New Xenia berhasil memberikan kontribusi sebesar 47% atau 6.436 unit.
Kontributor kedua adalah Daihatsu Gran Max sebagai produk kelas low commercial menyumbang sebesar 3.965 unit atau sekitar 29%. Daihatsu Terios yang mewakili produk kelas medium SUV berhasil memberikan kontribusi sebesar 17% atau sebesar 2.248 unit.
Sedangkan Daihatsu Luxio mampu memberikan kontribusi sebesar 565 unit atau 4%. Di kelas city car, Sirion mencapai angka penjualan 342 unit. Angka ini berhasil memberikan kontribusi sebesar 3% dari total penjualan Daihatsu selama Februari 2012.
Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM mengungkapkan, dengan pencapaian tersebut pihaknya berhasil mempertahankan posisi kedua pasar mobil nasional dengan market share sebesar 15.7%.
”Meskipun dengan jumlah hari yang lebih sedikit dibanding bulan Januari, penjualan retail maupun wholesales tetap mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Ini memberikan signal positif kepada Daihatsu dalam mencapai target penjualan 145.000 unit tahun ini, ” ujar Amelia. (Ario Fajar/EVA)