FIF Group Optimis Salurkan Pembiayaan Rp 20 Triliun

PT Federal International Finance (FIF Group) optimis dapat menyalurkan pembiayaan sesuai yang ditargetkan sebesar Rp 20 triliun hingga akhir tahun. Bahkan, target ini dinilai akan terlampaui. Pasalnya, sampai September 2013 FIF Group berhasil menyalurkan pembiayaan senilai Rp 16 triliun. Angka ini tumbuh sekitar 11 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.FIF_Group

 

“Hal yang sangat mungkin untuk mencapai target,” ujar Djap Tet Fa, Direktur Pemasaran FIF Group. Pembiayaan FIF Group disumbang oleh pembiayaan sepeda motor baru sebesar 83% dan motor bekas sebesar 10%. Pembiayaan tersebut di bawah payung merek FIFASTRA. Sementara, 7 persen sisanya disumbangkan oleh pembiayaan alat elektronik atau yang lebih dikenal dengan SPEKTRA.

 

Bersamaan dengan itu, Tet Fa menginformasikan pihaknya mampu menekan angka non performing loan (NPL). Hingga September 2013, nilai NPL FIF Group hanya 0,78%. Prestasi itu, menurut Tet Fa, lantaran pihaknya lebih selektif dalam persetujuan aplikasi kredit. “Terhadap existing customer dilakukan penagihan yang instensif,”katanya.

 

Selain itu, memperbanyak payment point agar konsumen mudah ketika melakukan pembayaran. Kantor Cabang, dealer, atm, kantor pos, dan Alfamart. Saat ini jumlah pelanggan existing FIF Group mencapai 8 juta. “Di mana 4 jutanya adalah pelanggan aktif, yakni mereka yang kreditnya masih berjalan. Sisanya pelanggan yang sudah lunas,” tutur Tet Fa.

 

Pangsa pasar terbesar FIF Group masih didominasi konsumen dari pulau Jawa. Yakni sebesar 60%. “Dari 60% itu yang paling besar ada di Jabodetabek,” ujar dia. Tet Fa bilang ada peningkatan permintaan dari konsumen di Jawa. Dia menduga kenaikan UMP turut mendorong peningkatan kebutuhan pembiayaan untuk masyarakat di Jawa.

 

Berbeda dengan Jawa, konsumen di luar Jawa justru tengah lesu. Pembiayaan FIF Group di luar Jawa turun hingga 13% dibanding tahun sebelumnya. Untuk menggenjot pertumbuhan di luar Jawa, FIF Group terus melakukan aktivitas pemasaran. Seperti pameran, kanvasing maupun join program dengan dealer di tiap-tiap daerah. Kegiatan tersebut disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing.

 

Selain itu, FIF Group juga memiliki program yang sifatnya nasional, yakni program undian kredit berhadiah SAMBA (Sambut Brazil) 2014.  Dalam program ini, 25 konsumen terpilih akan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Brazil. Konsumen aplikasi kredit pada periode 15 Oktober hingga 15 April 2014 disetujui akan mendapat poin untuk diundi. Pengundian dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada Januari 2014 dan April 2014. Selain trip ke Brazil, ada pula hadiah seperti 25 LED TV 32'', 25 tablet, 250 jaket dan 2500 jersey bertandatangan Bambang Pamungkas.

 

“Program ini sangat istimewa karena sebanyak 25 orang konsumen bisa terbang gratis ke Brazil bersama Bambang Pamungkas. Selain itu, kami juga memberikan puluhan bahkan ribuan hadiah menarik lainnya,”ujar Tet Fa.

 

Masih dalam rangkaian SAMBA 2014, FIF Group akan melakukan roadshow di lima kota besar bersama Bambang Pamungkas. Lima kota besar tersebut di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Medan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)