Ford Luncurkan Kampanye “Start it, Share it, Win it"

PT Ford Motor Indonesia meluncurkan kampanye “Start it, Share it, Win it” untuk mengajak konsumen merasakan teknologi pintar All New Ford Focus yang baru akan diluncurkan secara resmi pada akhir September di ajang  Indonesia International Motor Show 2012 pada 20-30 September 2012 mendatang.

Marketing Director PT Ford Motor Indonesia Gumgum Prijadi (paling kiri), Managing Director PT Ford Motor Indonesia (kedua dari kanan), dan Communication Director PT Ford Motor Indonesia Lea Indra (paling kanan), dalam acara peluncuran Kampanye 'Start it, Share it, Win it' di Senayan City pada Kamis (6/9)

Kampanye ini merupakan cara Ford untuk meraih perhatian khalayak sebelum meluncurkan seri Focus Ford yang tebaru tersebut. “Melalui kampanye ini kami ingin mendemonstrasikan kecanggihan, kecerdasan, dan kenyamanan dari DNA yang dmikiki oleh All New Ford Focus yang sesungguhnya. Kami juga ingin memberi kesempatan pada konsumen seluruh Indonesia untuk merasakan kehebatan dan manfaat yang dapat dirasakan dari fitur-fitur canggih yang ditawarkan All New Ford Focus,” kata Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI), saat peluncuran kampanye ini di Senayan City, pada Kamis (6/9).

Kampanye ini mengundang masyarakat menjadi peserta untuk mencoba fitur-fitur teknologi utama yang terdapat pada All New Ford Focus, seperti Active Park Assist dan Active City Stop, di antara fitur lainnya seperti Ford Sync, melalui acara akhir pekan yang berlangsung dari 6-30 September di Senayan City dari 7-9 September, Gandaria City dari 14-16 September, dan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dari 21-30 September. Selain merasakan fitur-fitur tersebut (start it), peserta juga diminta untuk membagikan (share it) ke teman-teman mereka melalui media sosial, dan akhirnya berkesempatan untuk memenangkan All New Ford Focus melalui mekanisme vote.

Pada tahap “start it”, peserta akan mencoba fitur Active Park Assist di mana hanya dengan menekan satu tombol, pengendara All New Ford Focus dapat melakukan parkir parallel tanpa menggunakan tangan (hands free). Sistem ini menggunakan sensor di sekeliling Focus untuk membantu mengidentifikasi tempat parkir yang memungkinkan mengemudikan mobil ke area tersebut. Pengendara hanya mengendalikan gas, rem, dan perseneling.

Selain itu, peserta juga akan mencoba Active City Stop merupakan fitur pencegah tabrakan depan pada kecepatan rendah dengan memonitor jalanan di depan dan mengerem secara otomatis jika sensornya mendeteksi mobil yang berhenti di depan All New Ford Focus. Pada tahap “start it” ini, ekspresi spontan peserta akan direkam oleh video perekam dalam mobil dan nantinya video tersebut akan diunggah secara serentak ke Facebook dan dibagikan (share it) ke teman-teman peserta.

Video peserta kemudian akan bersaing melawan video lainnya dari masing-masing lokasi untuk mendapatkan view terbanyak selama periode tujuh hari. Total pmenang dari masing-masing lokasi ada 4 (1 pemenang dari Gandaria City, 1 pemenang dari Senayan City, dan 2 pemenang dari IIMS), yang akan disebut sebagai 4 besar dari 10 finalis. Enam finalis lainnya akan dipilih dari semua video lain dari semua lokasi acara yang berhasil mendapatkan jumlah view terbanyak. Setelah pengumuman finalis, periode voting selama empat minggu akan terbuka untuk 10 video finalis.

Gumgum Prijadi, Direktur Pemasaran FMI, mengatakan bahwa kampanye ini merupakan kebijakan Ford secara global dan sudah pernah dilakukan di Thailand dan Filipina. Di Indonesia, sebelumnya FMI juga pernah melakukan kampanye sejenis, yaitu “Global Ranger Challenge” untuk All New Ford Ranger, dan hasilnya cukup bagus. “Parameter berhasil atau tidaknya kampanye ini dilihat dari beberapa key objective, misalnya ada berapa informasi yang bisa di-share melalui media sosial. Ada juga key matrix, sebarapa jauh tab view di corporate website kita dilihat oleh para pengunjung. Itu ada key matrix-nya,” jelas Gumgum pada kesempatan yang sama.

Senada dengan Gumgum, Bagus Susanto juga mengatakan bahwa pihaknya memperoleh keberhasilan yang fantastis dengan pra-peluncuran kendaraan baru Ford di pasar Indonesia melalui kampanye unik, interaktif, dan melibatkan konsumen. “Kampanye ‘Love Fiesta.. Snap it Now!’ yang merupakan kampanye untuk All New Fiesta dan ‘Global Ranger Challenge’ untuk All New Ford Ranger,” tambahnya. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)