Frisian Flag Gelar Kampanye “Bulan Sarapan Sempurna"

PT Frisian Flag Indonesia meluncurkan kampanye “Bulan Sarapan Sempurna” sebagai upaya menyosialisasikan pentingnya membiasakan keluarga menyantap sarapan bergizi setiap hari dan melengkapi dengan segelas susu kental manis Frisian Flag. Sarapan bergizi memenuhi 25% sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas sepanjang hari. Segelas susu kental manis Frisian Flag Gold diperkaya dengan 9 vitamin dan 5 mineral yang baik dalam membantu memenuhi kebutuhan gizi dan energi.

“Sarapan merupakan salah satu perilaku penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Sarapan membekali tubuh dengan sebagian kebutuhan gizi harian yang diperlukan untuk belajar, berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik. Berdasarkan analisis data konsumsi pangan Riskesdas tahun 2010, 40% anak-anak di Indonesia tidak sarapan karena berbagai alasan. Hal ini berpotensi mengakibatkan kekurangan gizi termasuk vitamin dan mineral pada anak-anak,” kata Prof. Dr. Hardinsyah MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia.

Frisian Flag

Kebiasaan sarapan yang teratur dan bergizi harus ditanamkan karena memberi manfaat besar, antara lain menanamkan kedisiplinan serta membiasakan diri mengontrol asupan makanan dan minuman bergizi yang membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Sarapan bergizi juga membantu menjaga konsentrasi anak-anak di sekolah sehingga dapat lebih baik menyerap pelajaran.

Kebiasaan sarapan bergizi juga berkaitan dengan pemahaman gizi seimbang. Setiap hari tubuh membutuhkan zat gizi tidak hanya karbohidrat saja. tetapi juga protein, vitamin dan mineral. Pada tubuh seseorang yang normal, setelah tidur 8-10 jam, tubuh membutuhkan sumber energi. Sarapan bergizi membantu menyediakan sumber energi tersebut dan dapat diperoleh dari pangan kaya karbohidrat dan protein, terdiri dari lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan dan minuman seperti susu.

“Ragam bahan pangan dengan porsi kalori dan komposisi gizi seimbang, termasuk asupan vitamin dan mineral, penting untuk dipahami dan terapkan agar sarapan lebih bergizi dan bervariasi, dan siap menjadi bekal semangat pagi Anda,” jelas Spesialis Gizi Klinis Dr. dr. Samuel Oetoro, MS.Sp.Gk.

Temuan tentang kebiasaan sarapan anak Indonesia juga disampaikan oleh Southeast Asian Nutrition Survey (SEANUTS) – studi multisenter mendalam yang digagas FrieslandCampina di 4 negara termasuk Indonesia, meneliti status gizi, pertumbuhan, pola makan dan asupan gizi anak-anak berusia 6 bulan hingga 12 tahun. Di Indonesia studi ini dilaksanakan bekerja sama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

SEANUTS menemukan bahwa hanya 1 dari 10 anak Indonesia usia 2-12 tahun yang mempunyai kuantitas sarapan yang cukup dengan kualitas yang baik. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi anak di kelompok umur 9-12 tahun memiliki kuantitas sarapan yang tidak cukup, lebih banyak dibanding kelompok umur 2-8 tahun. Hal ini juga dialami anak perempuan yang menunjukkan kuantitas sarapan tidak cukup, lebih banyak dibanding anak laki-laki. Dari segi kualitas, ditemukan bahwa proporsi kualitas sarapan anak kelompok usia 6-9 tahun adalah paling rendah dibanding anak dari kelompok umur lainnya,” jelas DR. Ir. Heryudarini Harahap, M.Kes, peneliti ahli PERSAGI.

Isu rendahnya kuantitas dan kualitas sarapan masyarakat Indonesia menginspirasi Frisian Flag untuk menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna. “Sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Melalui kampanye Bulan Sarapan Sempurna, Frisian Flag mengajak keluarga Indonesia menerapkan kebiasaan sarapan teratur bergizi dilengkapi segelas susu kental manis, dan menyempurnakan sarapan dengan sedapat mungkin menikmatinya bersama keluarga,” ungkap Head of Corporate Affairs Frisian Flag Indonesia, Andrew Ferryawan Saputro di sela-sela peluncuran kampanye program sarapan itu.

Temuan SEANUTS di atas menginspirasi Frisian Flag untuk menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna untuk membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas tersebut. Kampanye yang akan digelar selama Maret 2016 diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan keinginan masyarakat untuk membiasakan sarapan bersama keluarga. Sarapan sempurna akan membangun keluarga yang kuat.

Psikolog Keluarga Roslina Verauli, MPsi. Psi, juga mengemukakan pendapat yang senada, “Kebersamaan keluarga adalah sumber kekuatan anggotanya. Di tengah kehidupan kota besar yang sangat sibuk, pagi hari dapat dijadikan opsi momen kebersamaan. Sarapan dapat dimanfaatkan sebagai ‘our time’ untuk saling mengupdate kegiatan dan menjadi salah satu 'ritual' rutin yang bisa meningkatkan psychological-wellbeing setiap anggota keluarga. Orang tua dapat memastikan kualitas dan kuantitas sarapan yang disediakan dan dikonsumsi, sambil berbincang dengan anak-anak tentang kesehariannya. Bagi orang tua, momen kebersamaan bersama anak juga menjadi penyemangat menjalani tantangan pekerjaan. Momen sarapan bersama menjadi semangat keluarga untuk menjalani harinya”.

Dengan tema ‘Bekal Semangat Pagimu’, Susu Kental Manis Frisian Flag menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna pada 1-31 Maret 2016 mendatang. Kampanye ini mengajak masyarakat membiasakan sarapan bergizi dilengkapi segelas susu kental manis Frisian Flag, dan sedapat mungkin dilakukan bersama keluarga.

Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan diri mulai 1 Maret 2016 di www.bulansarapansempurna.com yang dapat diakses via ponsel dan mengisi buku harian tentang sarapan sempurna di akun masing-masing. Unggah foto dan update status Anda setiap hari dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah harian berupa voucher belanja bagi 10 akun buku harian paling seru, hadiah mingguan berupa 7 breakfast table bergaya bagi 7 akun buku harian paling menarik, dan hadiah utama berupa ‘pengalaman sarapan keluarga fantastis’ bagi 3 keluarga dengan akun buku harian terbaik.

Pemenang hadiah utama akan diumumkan pada akhir April 2016. Untuk mengetahui informasi terbaru tentang serunya Bulan Sarapan Sempurna masyarakat dapat bergabung di laman Facebook Frisian Flag Indonesia, atau ikuti akun Instagram @susu.frisianflag Twitter @SusuFrisianFlag dengan tagar #sarapansempurna.

Susu kental manis Frisian Flag telah dipercaya keluarga di seluruh Indonesia dan diturunkan sebagai warisan antar generasi lebih dari 93 tahun. Keberadaan susu kental manis Frisian Flag didukung oleh pengalaman dan keahlian peternak Belanda selama lebih dari 140 tahun. Rasa yang lezat menjadikan susu kental manis Frisian Flag sebagai kegemaran anggota keluarga yang membuat momen sarapan menjadi sempurna. Bersama kampanye Bulan Sarapan Sempurna, Frisian Flag membantu mewujudkan misi membangun keluarga kuat Indonesia yang senantiasa berkomitmen menyediakan produk minuman susu bergizi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)