Trikomsel Makin Serius Garap Ritel Personal Audio

Keseriusan PT Trikomsel Oke Tbk (Trikomsel) di bisnis ritel makin mantap saja. Ini terbukti dengan dikembangkannya toko khusus personal audio, yang sebelumnya produk personal audio hanya sebagai pelengkap di 900 gerai ritel yang sudah dimilikinya seperti Global Teleshop dan OkeShop.

Langkah ini sudah dilakukan Trikomsel sejak Oktober tahun lalu dengan membuka Soundwave (www.soundwave.co.id), sebuah toko khusus yang menjual produk-produk personal audio. Toko yang berlokasi di lantai dasar Mal Kelapa Gading 3 Jakarta utara ini seluas 100 m2. Sebenarnya, gebrakan awal Trikomsel di bisnis personal audio ini sudah dimulai sejak 26-27 September 2014, dalam dua hari itu Trikomsel menyelenggarakan acara Ultimate Sound Fair (USF) yaitu pameran high-end personal audio terbesar di Indonesia. Sejalan dengan itu Trikomsel juga membuka personal audio corner di sejumlah gerai OkeShop dan Global Teleshop.

Trikomsel

Dan kemarin, Trikomsel makin menguatkan langkahnya dalam menggarap ritel khusus personal audio ini. Trikomsel berhasil mendapat kepercayaan dari beberapa merek ternama dunia sebagai distributor produk mereka di Indonesia, merek-merek tersebut antaranya: Astell & Kern, Audeze, Aurisonic, dan Master & Dynamic.

“Komunitas penikmat high-end audio di Indonesia makin berkembang belakangan ini, kami yakin produk-produk yang kami distribusikan akan diterima baik oleh semua kalangan pecinta musik dan audiophiles. Terlebih, smartphone baru dengan kualias audio beresolusi tinggi makin banyak, tentu saja ada peningkatan kebutuhan konsumen akan aksesoris audio berkualitas tinggi pula,” ujar Sugiono Wiyono Sugialam, Presdir Trikomsel.

Evy Soenarjo, Direktur ritel Trikomsel menambahkan, pihaknya meyakini pasar personal audio di Indonesia sangat menjanjikan, apalagi musik sudah menjadi bagian sehari-hari dari sebagian besar masyarakat, terutama para kaum muda. Keyakinannya makin kuat, kala melihat antusiasme pengunjung saat USF tahun lalu. “Tahun ini kami rencanakan akan diadakan lagi,” imbuh Evy.

Tahun ini rencananya Trikomsel akan membuka 5 gerai Soundwave, sebagian besar di Jakarta. Gerai kedua akan dibuka di Pondok Indah dalam waktu dekat. Sayang Evy tidak berkenan menyebut angka penjualannya. Yang jelas, responnya sangat bagus. Menurutnya di gerai Soundwave, pecinta produk high-end personal audio bisa meningkatkan pengalamannya dengan produk-produk yang lebih baik yang di ada. “Pasarnya besar sekali, terutama anak-anak muda. Musik itu bagian dari keseharian kita. Mau di mobil, kampus, bahkan di rumah, mereka mendengarkan musik. Perangkat pendukung yang berkualias akan terus mereka cari demi kenyamanan mereka mendengarkan musik,” jelasnya.

Selain membuka toko sendiri, Trikomsel juga memasok ke daeler dan reseller personal audio untuk merek-merek yang dipegang distributorship-nya. Saat ini belum banyak toko-toko personal audio, menurut Evy, kurang dari 20 toko, tapi ke depannya akan lebih banyak toko yang akan menyediakan khusus produk ini. “Surprisingly makin banyak orang yang mencoba, pada saat mereka membutuhkan mereka langsung datang dan beli, kunjungan konsumen ke toko kami tinggi."

Di toko ada meja-meja untuk mencoba produk yang tersedia. Evy menargetkan pertumbuhan bisnisnya sekitar 2-3 kali lipat, karena pasarnya saat ini masih kecil, tapi potensinya sangat besar ke depan. Dengan menjadi lima gerai, berarti makin dekat dengan konsumen yang sasar, terutama kelas menengah ke atas.

Produk-produk yang ada di Soundwave masuk kategori premium. Harganya mulai dari Rp 200 ribu hingga puluhan juta, bahkan ada yang sampai Rp 80 jutaan. Yang paling laris terjual berkisar antara harga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. “Merek-merek yang disediakan adalah merek kelas atas,” jelasnya.

Untuk produk audio saat ini ada 7 merek yang dipegang Trikomsel distributorship-nya. Sedang di gerai Soundwave sendiri saat ini ada 30 merek lebih yang dipasarkan. Dan merek ini jumlahnya akan bertambah, sebab masih ada 60 merek produk audio dan aksesoris yang ada di luar saat ini.

Bagaimana membuat orang lebih mengenal Soundwave? “Tentu saja kami menyediakan produk yang memang dibutuhkan pasar di sini, khusus pecinta audio,” jawabnya. Langkah promosi pun dilakukan, dengan banyak menggunakan media sosial, komunitas serta memanfaatkan jaringan gerai yang dimiliki Trikomsel.

Produk audio baru yang didistribusikan di Soundwave saat ini antaranya adalah Audeze, produk asal California, Amerika. Produk yang diperkenalkan pertama kali adalah headphone terbaru mereka Audeze EL-8, memiliki kualitas suara yang dinamis dan menghanyutkan. Lalu ada merek Aurisonics yang bergerak di bidang profesional audio juga menjadi salah satu merek baru di toko ini. Merek asal Neshville, Amerika ini, percaya earphone andalan mereka Rockets, akan diterima pecinta musik di Indonesia melalui Soundwaves. “Produk ini standar pembuatannya militer, tidak mudah putus walau kabelnya ditarik sekuat tenaga. Tahan air hingga level IP65,” jelas Evy.

Kemudian ada merek Master & Dynamic, pendatang baru personal audio dari New York ini dikenal desainnya premium, material juga berkualitas, dan karakter suara cocok untuk segala jenis musik. Merek ini tersedia untuk headphone MH30 dan MH40, serta earphone ME01 dan ME03. Sebelumnya Trikomsel juga sudah menjadi distributor eksklusif bagi Astell & Kern, yang telah meluncurkan hi-res digital audio player andalan mereka, AK240SS untuk didistribusikan di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)