Gagahnya Produk Volvo Group di Kemayoran

Aktivitas pertambangan di Indonesia adalah peluang bisnis bagi produsen alat berat dan kendaraan untuk pertambangan, seperti Volvo Group. Perusahaan asal Swedia itu ternyata sudah hadir puluhan tahun di Tanah Air. Mereka melayani para pelaku industri tambang dengan varian produk yang mumpuni. Sejumlah produk Volvo pun tampil dengan gagah di Indonesia Mining Expo 2013, yang diadakan di JI Expo, Jakarta.

“Di Indonesia, Volvo Group telah hadir selama lebih dari 30 tahun,” ujar Joachim Rosenberg, Executive Vice President Volvo Group, di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

volvoDia menuturkan, tahun lalu, bisnis Volvo di Asia berkontribusi sebesar 23 persen terhadap total omzet perusahaan. Bahkan Asia disebut perusahaan sebagai rumah kedua. Di kawasan ini, Indonesia adalah salah satu pasar yang penting bagi Volvo.

“Dengan situasi makro ekonomi dan demografinya, Indonesia mempunyai posisi yang baik untuk menjadi negara dengan ekonomi yang berkembang. Volvo Group dengan solusi transportasi dan infrastruktur kelas dunia akan terus berperan penting dalam mendukung perjalanan ini,” tambah Joachim.

Di Indonesia, dia menuturkan, “Kami punya Volvo Construction Equipment, dan tiga dari lima merek truk, yaitu Volvo Trucks, UD Trucks, dan Renault Trucks.”

volvo produkVolvo Construction Equipment adalah bagian dari Volvo Group yang bergerak di bisnis alat berat. Di pameran pertambangan ini, sejumlah produk ditampilkan, diantaranya Volvo CE Excavator EC140BLCM dan EC480D. Kedua produk itu menawarkan kekuatan yang besar dalam menggali dan hemat bahan bakar.

“Di Indonesia Mining Expo 2013, kami meluncurkan Excavator EC220D,” sebut Roger Tan, Vice President Volvo Construction Equipment Asia Pacific. Produk itu ditawarkan dengan fitur peningkatan tenaga, penghematan bahan bakar ECO Mode, dan struktur yang ditingkatkan.

volvo alat berat

Tak mau kalah, bisnis Volvo Trucks juga mempunyai produk anyar, yakni Volvo FMX 480 10x4 tipper. Christophe Martin, Senior Vice President Volvo Group Trucks Asia, menyebutkan, produk ini telah diuji di lapangan selama dua tahun terakhir dalam hal produktivitas dan efisiensi bahan bakar. “Dan sekarang tersedia untuk konsumen,” ujar dia.

Christophe juga menyebutkan, produk heavy duty terbaru dari UD Trucks, yakni Quester 6x4 Tipper dan 6x4 Tractor bermesin 11 liter. Produk-produk ini bisa digunakan untuk pertambangan juga konstruksi. “Produk ini (Quester) akan didistribusikan oleh mitra kami PT United Tractors Tbk, bagian dari Astra Group,” lanjutnya.

Selain itu, Volvo juga mempunyai produk truk dari Renault Trucks, seperti Renault Kerax. Bagi Renault, Indonesia adalah pasar terbesar di Asia. “Renault Trucks sudah ada di Indonesia sejak 50 tahun terakhir, dan sangat kuat di bisnis logging dan pertambangan,” Christophe menegaskan. Tambang sendiri dominan dalam bisnis Renault Trucks di Indonesia, dengan porsi 90 persen. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)