Gandeng Google Cloud, Amar Bank Hadirkan Aplikasi Senyumku

Setelah peresmian wilayah baru Google Cloud di Indonesia pada 24 Juni lalu, Amar Bank (AMAR) mengumumkan kerja samanya dengan Google Cloud dalam memperkenalkan produk Senyumku. Produk ini diklaim sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di Cloud.

Seperti diketahui, teknologi cloud menjadi salah satu perkembangan teknologi yang digunakan pada sejumlah industri, termasuk perbankan dalam memperluas jangkauan bisnisnya. Amar Bank telah menggunakan teknologi Google Cloud untuk berbagai penggunaan bisnis seperti peluncuran berbagai produk dan fitur, Arsitektur Big Data, serta AI dan Analytics.

Kolaborasi ini didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica, untuk memungkinkan Bank dalam memanfaatkan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi dengan lebih cepat.

Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengatakan, Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah. Aplikasi ini memberitahu nasabah akan pola pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan mendorong mereka untuk membangun kebiasaan menabung.

“Kami mengapresiasi langkah Google dalam meluncurkan regional Google Cloud di Indonesia. Google Cloud menyediakan solusi Cloud terbaik untuk bisnis kami, mulai dari solusi cluster Kubernetes dengan Google Kubernetes Engine (GKE) yang memungkinkan kami dalam mengelola dan meningkatkan skala layanan dengan mudah dan efektif dari segi biaya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan solusi Google Data Analytics dan AI menjadi kunci untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik. Standar keamanan kelas dunia dinilai dapat membantu pihaknya memberikan jaminan kepada nasabah bahwa Amar Bank menyediakan produk dan solusi digital yang sepenuhnya aman.

"Secara singkat, Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar yaitu Skalabilitas, Keamanan, dan Kecerdasan artifisial bawaan. Dengan Google Cloud, kami memberikan penawaran unik untuk mengatasi kesenjangan di pasar melalui user experience yang unggul dan mendukung inklusi keuangan untuk semua," ujar Megawaty Khie, Country Director Google Cloud di Indonesia.

Dengan begitu, harap Vishal, Senyumku dapat menjadi solusi masyarakat untuk membantu mereka membangun kebiasaan menabung dan mengelola keuangan dengan bijak hanya melalui smartphone.

Yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya, kata dia, adalah dukungan dari AI yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya. Hal ini memungkinkan Senyumku untuk responsif terhadap perilaku dinamis nasabah.

"Pelanggan ingin mengakses layanan perbankan semudah mungkin, dan layanan AI lah yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan personal, hal ini tidak dapat dilakukan tanpa Cloud,” ungkapnya.

Saat ini Senyumku hadir dalam versi Lite dengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun. Adapaun fitur yang sudah dapat digunakan diantaranya adalah manajemen keuangan pribadi dan investasi dalam bentuk deposito.

Pada versi Lite, nasabah juga dapat merasakan fitur top up sehingga nasabah dapat menambahkan akun bank lain dan e-wallet sebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi pada aplikasi Senyumku. Ke depan, menurut Vishal, Senyumku akan hadir dalam versi lengkap dengan kecanggihan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih mumpuni untuk meningkatkan fitur penasihat keuangan, serta memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses seluruh kegiatan transaksi perbankan.

“Kehadiran Senyumku dapat memberikan kemudahan bagi para nasabah, terlebih di tengah situasi pandemi ini. Melalui Senyumku, kami berharap dapat membantu masyarakat agar lebih semangat dalam menabung guna meraih tujuan finansial yang ingin dicapai. Kami juga berharap ke depannya, Amar Bank dapat terus hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah dan membawa senyuman dalam hidup mereka,” ungkap Vishal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)