Gandeng UNDP, Danamon Award Go Internasional

Bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP), PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) meluncurkan Danamon Award 2012 pada Rabu, 28 Maret 2012. Ajang yang sudah enam kali diselenggarakan ini merupakan bentuk apresiasi Danamon bagi khalayak yang dinilai membuat perubahan positif, memberi inspirasi, manfaat serta meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang dan lingkungan sekitarnya.

Sebagai salah satu badan PBB yang menangani peningkatan kualitas hidup masyarakat di 176 negara, UNDP nantinya akan membantu meningkatkan kapasitas orang-orang terpilih dari Danamon Award 2012 di dunia internasional.

"Penyelenggaraan Danamon Award ini merupakan wujud dari visi Danamon yaitu bahwa kita peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan" tutur Direktur Danamon, Fransiska Oei.

Menurut UN Resident Representative Ad Interim of UNDP, Beate Trankmann, kemitraan  ini adalah tersebut merefleksikan komitmen UNDP dan Danamon dalam mengenal upaya-upaya yang dilakukan undividu maupun kelompok setiap harinya untuk meningkatkan kesejahteraan diri, keluarga, dan masyarakat sekitar.

"Ini adalah inti dari pembangunan yaitu membantu individu memperbaiki kualitas hidup dirinya maupun lingkungan bagi orang banyak sekitarnya melalui cara-cara yang berkelanjutan," tambah Beate Trankmann.

Salah satu contoh aktivitas berkelanjutan adalah dari Slamet Riyadi, peraih Danamon Award 2007. Dalam usaha kerajinan anyamannya, Slamet Riyadi memberdayakan lansia untuk berkontribusi terhadap lingkungan dengan memanfaatkan limbah plastik dan alumunium foil. Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Danamon Award 2012 Zsa Zsa Yusharyahya.

Ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara UNDP dan Danamon, Danamon Award 2012 dilaksanakan melalui dua tahap penilaian dan verifikasi dengan empat kriteria penilaian. Kriteria yang digunakan adalah motivasi, outcome, outreach, dan keberlangsungan. Nantinya akan ditentukan lima peraih Danamon Award 2012 yang kemudian dianugerahi Danamon Award 2012 terfavorit. Untuk mendapatkannya, Danamon Award melibatkan masyarakan melalui voting online, SMS, dan jejaring sosial. Penggunaan jejaring sosial ini bertujuan agar para peraih Danamon Award 2012 lebih dikenal masyarakat baik dalam skala nasional maupun internasional.

Penjurian Danamon Award 2012 akan dilakukan oleh delapan orang yaitu Charles Saerang (Presiden Direktur PT Nyonya Meneer), Mira Lesmanawati (Produser Film), Toriq Hadad (Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Media Group), Imam B. Prasodjo (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia), Ade Swargo Mulyo (Regional Project Manager Asia Tenggara, SwissContact), Angger Pribadi Wibowo (Head of Planning, Monitoring and Evaluation Unit, UNDP Indonesia), I Wayan Dipta (Deputi VIII – Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) dan Bonaria Siahaan (Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli).

Setelah proses penerimaan nominasi tanggal 28 Maret 2012 hingga 20 April 2012, penjurian akan dilakukan dari tanggal 1 hingga 24 Mei 2012. Dari proses terseput dipilih lima peraih Danamon Award 2012 yang akan dipilih terfavorit melalui voting selama satu bulan sejak 8 Juni 2012 sampai 8 Juli 2012. Penganugerahan Danamon Award 2012 sendiri akan diselenggarakan pada 16 Juli 2012.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)