Garap Pasar Premium, Sequis Luncurkan Fasilitas Berobat di Malaysia

IMG_20150811_134927Selain Singapura, negara tetangga Indonesia yang menjadi destinasi berobat adalah Malaysia. Data tersebut diungkapkan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) tahun 2014 bahwa terdapat 882.000 pasien dari negara lain yang berobat ke Malaysia, dan sebagian besar asal Indonesia. Jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

Melihat peluang tersebut, PT AJ Sequis Life (Sequis) menggandeng PT Administrasi Medika (AdMedika) dan International Assistance Sdn Bhd (IA Malaysia), meluncurkan fasilitas berobat cashless bagi nasabah premium individual yang ingin melakukan pengobatan kesehatan di Malaysia. Lewat kerja sama ini, Sequis ingin memperluas jaringan fasilitas layanan kesehatannya hingga mancanegara.

"Kami juga melihat dari 15 ribu nasabah premium Sequis yang memiliki kartu cashless, sekitar 2 ribu nasabah kami mencari layanan kesehatan di Malaysia," ujar Tatang Widjaya, Presiden Direktur dan CEI PT AJ Sequis saat acara penandatanganan kerja sama di Jakarta (11/8/).

Menurut Tatang, cashless merupakan kartu yang di dalamnya terdapat identitas unik dari pasien yang keakuratan dan data jaminan kesehatan pasien dapat diverifikasi secara online. Cukup dengan memperlihatkan kartu tersebut saat berobat, pasien sudah dapat menikmati layanan kesehatan non tunai atau cashless health treatment. Rencananya, layanan inovatif Sequis ini mulai efektif digunakan pada 1 September 2015.

"Produk cashless ini dibagi menjadi dua kategori. Pertama kategori kelas premium untuk nasabah yang memiliki health rider produk dengan room and board di atas Rp 1 juta. Nasabah ini bisa menggunakan cashless di 50 rumah sakit di Malaysia dan beberapa rumah sakit di Indonesia. Sedangkan yang di bawah Rp 1 juta, hanya bisa digunakan di Indonesia," jelas Tatang.

Diakui Tatang, untuk jumlah nasabah premium dari Seqius sendiri saat ini berjumlah 25%. Lewat kolaborasi ini, ia optimis angka tersebut dapat terus tumbuh. Sebab fasilitas yang ditawarkan cashless sangat mudah. Tanpa harus me-reimburse terlebih dahulu, nasabah sudah dapat menjalani perawatan kesehatan di berbagai rumah sakit kerja sama dengan Seqius di Malaysia dan Indonesia.

Dengan pertumbuhan kelas premium sebesar 25% Tidak hanya nasabah baru, nasabah lama Sequis pun dapat menikmati layanan cahsless ini.

Sementara itu, Direktur Utama AdMedika, Syaifudin, menjelaskan ada 127.000 nasabah Sequis dengan layanan Claim Management (AdClaim) yang dilayani AdMedika lewat jaringan rumah sakit AdMedika di seluruh Indonesia. "Bahkan lewat kerja sama dengan IA Malaysia nasabah premium sudah tidak perlu lagi pakai cara lama seperti reimbursement untuk menikmati layanan kesehatan di Malaysia," ujar Syaifudin. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)