Gedung Perkantoran Sinar Mas Raih Asia Pacific Property Award 2012

PT Sinar Mas Land, pengembang properti Grup Sinar Mas meraih Asia Pacific Property Award 2012 melalui proyek BSD Green Office Park di BSD City. Kemenangan ini diperoleh dari kategori pengembangan perkantoran (office development), mewakili perusahaan pengembang properti dari Indonesia.

Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, mengungkapkan, apresiasi ini sebagai bukti bahwa setiap inovasi yang dilakukan Sinar Mas Land menjadi sebuah masterpiece dan bahkan diakui di kawasan Asia.

Dijelaskan Ishak, kawasan hijau tak hanya menjadi incaran investor untuk membangun komplek tempat tinggal. Pembangunan komplek perkantoran pun mendambakan lingkungan hijau nan asri yang bersih dan nyaman, jauh dari polusi udara dan asap kendaraan, serta terhindar dari suasana bising kota akibat padatnya kendaraan.

"Kawasan hijau ini pun diyakini mampu menunjang gaya hidup yang sehat dan meningkatkan produktivitas kerja. Menanggapi kebutuhan perkantoran di kawasan hijau, “BSD Green Office Park" menjadi salah satu pilihan utama untuk banyak perusahaan Nasional ataupun Multinasional di Indonesia untuk tempat usahanya terutama jika mencari daerah perkantoran yang tenang , bebas polusi dan berkawasan hijau.

Berlokasi strategis di jantung BSD City, BSD Green Office Park memiliki akses yang sangat mudah dijangkau untuk mencapai semua jalan utama di kota Jakarta, kira-kira menempuh perjalanan 15 menit dari tol Pondok Indah, 20 Menit dari Tol Kebon Jeruk dan 45 menit dari Tol Bandara Soekarno-Hatta. Dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan Pondok Indah dan airport ini, kawasan ini akan menjadi alternatif CBD dan kawasan perkantoran baru di selatan Jakarta.

Kawasan ini didesain sebagai wilayah perkantoran di kawasan hijau, di BSD Green Office Park, Sinar Mas Land berkomitmen hanya membangun 25% - 35% untuk KDB area (Building Coverage Ratio) dari luas total area pengembangan 25 Ha. BSD Green Office Park dibangun dengan memadukan panorama pemandangan alam, pemandangan danau yang mempersona dan di lengkapi fasilitas infrastructure kelas utama. BSD Green Office Park adalah kawasan Perkantoran pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi Green Mark District dari Lembaga internasional BCA (The Building and Construction Authority), Singapura.

Nantinya, akan dibangun 11 bangunan dan semuanya menghadap ke arah utara dan selatan, guna mengurangi dampak panas matahari yang masuk ke dalam gedung. Selain itu, perletakan gedung pun didasarkan pada analisa arah hembusan angin, sehingga memaksimalkan sirkulasi udara di sekitar gedung.

BSD Green Office Park juga mengalokasikan 65 - 75 persen dari lahannya sebagai area penyerapan alami air hujan, sementara Dewan Kota DKI Jakarta hanya merekomendasikan minimal 30 persen dari total area. 80 persen dari air limbah akan didaur ulang untuk menyiram tanaman, flushing toilet dan mendinginkan gedung, sehingga hanya 20 persen air kotor yang disalurkan ke Lokasi Pengolahan Air Limbah. Dengan sistem ini, BSD Green Office Park telah mengurangi secara substansial jumlah air yang terbuang ke ekosistem perairan . Selain Gedung Sinar Mas Land Plaza yang menjadi kantor pusat Sinar Mas Land, PT. Unilever Indonesia Tbk, juga telah berkomitmen untuk membangun kantor pusatnya di kawasan ini. (Rias Andriati/EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)