Geliat Suzuki Ertiga di Tahun Keduanya Meluncur di Indonesia

Mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) keluaran Suzuki, Ertiga, telah mencapai usia dua tahun. Sejak peluncurannya pada 22 April 2012 lalu hingga akhir April 2014 ini, penjualan Ertiga telah berhasil menyentuh angka 110 ribu unit (wholesales). Tren penjualan Ertiga terus mengalami peningkatan. Seperti pada 2013, mobil ini meraih total penjualan sebanyak 63318 unit (wholesales) atau naik 85,8% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 34074 unit.

Ultah Suzuki Ertiga K-2

“Ertiga sudah menjadi salah satu kendaraan Low MPV fenomenal di industri otomotif nasional dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Tidak hanya penjualan di pasar domestik, Ertiga juga telah menembus pasar ekspor, yaitu ke Thailand. Total penjualan di sana mencapai 3864 unit di 2013,” tutur Davy J. Tuilan, Head of 4W Sales, Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

SIS memang merasa bahwa kehadiran Ertiga selama ini telah membuat pasar Low MPV lebih bergairah. Ertiga telah memberi warna baru dengan kenyamanan, safety, dan security-nya, sehingga mobil ini mempunyai nilai lebih di mata para konsumen yang berminat terhadap Low MPV.

“Kami mengerti kebutuhan keluarga di Indonesia terhadap mobil keluarga yang ideal. Kriteria mobil ideal bagi keluarga adalah yang dapat menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan sekeluarga, seperti tagline Ertiga, ‘Lebih Mengerti Keluarga’. Kelebihan Ertiga yaitu Aman, Mewah, Irit, dan Nyaman (AMIN),” katanya.

Keberhasilan Ertiga tentunya didukung oleh berbagai program pemasarannya, antara lain program nasional yang berlangsung di 35 kota seluruh Indonesia, yaitu ‘Pesta Ertiga’ (November 2012-Maret 2013) dan ‘Pesta Keluarga Ertiga’ (November 2013-Maret 2014). Kedua program ini diadakan sebagai bentuk apresiasi dan wadah silaturahmi bagi para konsumen Ertiga.

“Selain itu, kami juga berusaha menjaring calon konsumen melalui program undian nasional ‘Ertiga Excitest Drive’ yang berlaku secara nasional. Ini ditujukan bagi mereka yang ingin test drive dan inden mobil Ertiga di seluruh wilayah Indonesia. Lalu, ada program ‘Ertiga Juara’ (keJutan luAR biasA), yang ditujukan bagi konsumen yang membeli unit Ertiga tipe apapun, selama periode tertentu, dan akan berhak mengikuti undian berhadiah di dealer resmi Suzuki seluruh Indonesia,” paparnya.

‘Ertiga Juara’ pada tahun ini berlangsung dari Mei hingga Juli 2014. Dalam program ini ada dua kategori hadiah, pertama yaitu hadiah undian menarik yang berlaku bagi setiap pembelian unit Ertiga semua tipe dan varian, seperti mobil Ertiga Sporty sebanyak 12 unit, motor Suzuki Nex sebanyak 36 unit, I-Phone 5C sebanyak 36 unit, kamera Canon EOS sebanyak 36 unit, dan GPS Garmin Nuvi sebanyak 360 unit. Kedua, ada hadiah langsung yang berlaku untuk setiap pembelian Ertiga Tipe GX (M/T atau A/T), yang berhadiah GPS Garmin HUD.

Sebagai tipe terbaru dari Ertiga, yang diluncurkan pada 19 Februari 2014, adalah Ertiga Sporty. Tipe ini memiliki kontur wajah lebih memikat dengan adanya perubahan pada front bumper, grille ornament, side skirt, rear bumper, dan upper spoiler. SIS juga menyematkan muffler extension yang merupakan pelek model baru berukuran 16 inci yang dibalut ban 205/55R16. Untuk mesinnya masih memakai 4-silinder dengan kapasitas 1400 cc berteknologi Variable Valve Timing (VVT).

“Untuk Ertiga Sporty, dikarenakan kapasitas produksi, maka baru terjual 300 unit (sampai akhir April 2014). Kami masih baru siapkan yang dibutuhkan pasar, karena pasarnya cukup kecil, yakni hanya untuk orang muda yang mau bergaya,” ucapnya.

Pangsa pasar Ertiga di 2013 lalu sebesar 17% dari keseluruhan pasar mobil Low MPV. Maka pada tahun ini, SIS menargetkan pangsa pasar tersebut bisa meningkat menjadi 20%. “Ke depannya, kami akan mengusahakan agar ongkos memiliki Ertiga bisa lebih murah. Dalam arti, kami harus fokus kepada kepuasan pelanggan setelah membeli Ertiga, sehingga untuk mencapainya kami harus improve dari berbagai aspek, baik dari layanan penjualan, purna jual, sampai ke servis mobilnya,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)