Marketing Strategy

Gree Ramaikan Pasar AC di Indonesia

Gree Ramaikan Pasar AC di Indonesia

Suhu udara yang panas membuat kebutuhan akan pendingin udara atau AC (air conditioner) juga semakin meningkat. Perusahaan elektronik semakin gencar melakukan inovasi AC, salah satunya Gree. PT Gree Electric Appliances merupakan perusahaan pembuat pendingin udara internasional yang memadukan riset dan pengembangan, pemasaran, serta layanan terpadu asal China ini melakukan penetrasi pasar ke Indonesia.

Di Tiongkok, Gree diklaim diinobatkan menjadi World Brand. Hal ini juga dibuktikan dengan tersebarnya pendingin udara ini di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Dan hingga saat ini, Gree sudah memiliki karyawan hingga 70.000 karyawan dan 8.000 engineer.

IMG_20151106_101604[1]

Strategi yang dilakukan oleh Gree agar dapat terus mempertahankan kepercayaan konsumenya adalah terus melakukan inovasi terhadap produk-produknya. Seperti yang dilakukan pada 4 November lalu, Gree resmi meluncurkan produk terbarunya yang berada di kategori pendingin udara tipe premium yang diberi nama U-Crown untuk pelanggan rumahan dan pendingin udara komersial seri GMV yang mampu memanfaatkan energi panas matahari. Gree juga meluncurkan program jaminan garansi terbaru bernama “Golden Warranty.”

Keunggulan U-Crown adalah, pendingin udara tipe ini dapat mendinginkan ruangan secara alami dan dapat menjangkau ruangan secara lebih merata. Selain itu, jika U-Crown dinyalakan tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising. Hal ini karena teknologi yang diaplikasikan pada U-Crown memiliki tingkat kebisingan hanya 18dB dan dapat beroperasi dengan daya yang lebih hemat.

Keunggulan lainnya adalah U-Crown masih tetap dapat mendinginkan ruangan walaupun suhu awal ruangan tersebut mencapai 54 derajat celsius. Kemudahan yang ditawarkan Gree dalam produk terbarunya adalah dengan melengkapi U-Crown dengan fitur kontrol jarak jauh menggunakan Wi-Fi dan kontrol jarak dekat memanfaatkan koneksi wireless dengan frekuensi radio 2,4 G.

Selain melakukan inovasi dengan menghadirkan U-Crown kepada pelanggan setianya. Gree juga meluncurkan inovasi lainnya yaitu pendingin udara komersial seri GMV yang memanfaatkan energi panas matahari sehingga bisa lebih menghemat daya listrik. Daya yang disimpan juga dapat dimanfaatkan sebagai pemanas air. Hal ini dikarenakan teknologi GMV-5 Home, sehingga konsumennya dapat menikmati air panas secara gratis.

Kemudahan yang ditawarkan dari produk ini adalah kontrol dengan memanfaatkan sistem Controller Area Networks (CAN) Bus. Sistem ini memungkinkan pengguna menyesuaikan suhi di setiap area sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Teknologi ini memiliki dua mode yaitu mode sunyi dan mode sangat sunyi. Sehingga suara yang dihasilkan dari produk ini tidak mengganggu kenyamanan pelanggannya karena tingkat kebisingan maksimal dapat mencapai 45 dB saat beroperasi.

Gree juga memberikan program jaminan garansi 5 tahun yang diberi nama “Golden Warranty”. Adapun jaminan garansi yang ditawarkan yaitu untuk komponen kompresor, suku cadang, dan jasa untuk seluruh jajaran produk pendingin udaranya. Program jaminan garansi “Golden Warranty” terdiri dari dua kategori. Kategori pertama untuk pendingin udara rumahan jenis wall mounted inverter dan non inverter akan diberikan masa garansi sejak awal pembelian hingga 5 tahun selanjutnya. Sedangkan yang kedua untuk pendingin udara rumahan jenis floor standing dan komersial, Gree memberikan masa garansi dari awal pembelian hingga 3 tahun. Tentunya kedua tipe garansi ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Strategi lain Gree melakukan promosi, branding dan fokus terhadap desain yang ditawarkan. “Ke depannya, Gree akan memperkenalkan lebih banyak produk dan kebijakan yang tentunya selalu mengutamakan kenyamanan pelanggan kami,” tutup Will Wen, Vice President PT Gree Electric Appliances Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved