Hadapi MEA, Bukalapak.com Gandeng Para Pelapak

Dimulainya MEA pada awal tahun 2016, menjadi babak awal untuk mengembangkan berbagai kualitas perekonomian di kawasan Asia Tenggara dalam perkembangan pasar bebas di akhir 2015, tidak tercuali para pelaku UMKM. Bukalapak yang merupakan salah satu online marketplace di Indonesia juga ikut berperan serta dalam membantu para pelapak (pelaku UKM yang berjualan di Bukalapak) dalam menghadapi MEA.

Bukalapak menyelenggarakan kegiatan Bedah Lapak bersama Komunitas Pelapak dibeberapa daerah seperti Jakarta,Bekasi, Tangerang,Bandung,Semarang,Solo, Surabaya, Yogyakarta dan Bogor. Acara ini bertujuan untuk kesiapan Para Pelaku UKM  dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Era Ekonomi Digital.

20160220_132733_resized

Achmad Zaky, Founder & CEO Bukalapak, menjelaskan, bedah lapak merupakan kegiatan yang dilakukan oleh anggota komunitas Bukalapak untuk menjaga tali silaturahmi sekaligus berbagi informasi dan ilmu untuk para Pelapak(seller/Pelaku UKM yang berjualan di Bukalapak). Selain membahas mengenai kesiapan para pelaku UKM Bogor dalam menghadapi MEA di era ekonomi digital,para Pelapak juga melakukan sesi sharing mengenai Tips dan Trik berjualan di Bukalapak.

“Kami percaya bahwa UKM adalah pilar ekonomi nasional. Untuk membantu para pelaku UKM untuk bersaing dan menghadapi MEA, harus ada pembangunan infrastruktur yang bisa membuat siapapun, bukan hanya kelas menengah ke atas,bisa terhubung dengan ekonomi digital,” lanjutnya.

Kegiatan Bedah Lapak diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 2013 kepada lebih dari 10,000
pelaku UKM dibeberapa kota di Indonesia. Komunitas Pelapak Bogor sendiri memiliki banyak pelaku UKM yang amat antusias, penuh ide, dan tidak kalah semangat dalam berbisnis secara digital.

Target Bukalapak adalah membantu para pelaku UKM di Indonesia menjadi pemenang di era ekonomi digital. Melalui kegiatan Bedah Lapak, Zaky ingin terus mengajak para pelaku UKM untuk tidak takut mengembangkan bisnisnya meski tidak punya uang. Melalui pemanfaatan digital dan kreatifitas, ia percaya para pelaku UKM kita siap bersaing di era ekonomi digital.

Bukalapak sendiri menyediakan kemudahan prosedur berjualan di Bukalapak dengan platform yang menarik dan mudah untuk dimengerti, terutama bagi para pengusaha kecil-menengah untuk berjualan online. Bukalapak juga fokus kepada UKM sebagai partner/penjual dengan memberikan pelatihan dan edukasi bagi mereka.

Selain itu, para pelaku UKM  juga dapat berjualan secara profesional dengan memanfaatkan platform Bukalapak, dan tentunya dengan sistem yang lebih aman dan terpercaya baik bagi para pelapak maupun para pembeli.

Adapun, acara bedah lapak yang diselenggarakan di Bogor, dihadiri oleh Walikota Bogor, Arya Bima. Ia mengatakan bahwa di Kota Bogor memiliki UKM yang cukup potensial dan berkembang pesat. Dan memiliki banyak produk lokal yang bisa dibanggakan. Dengan pemanfaatan ekonomi digital, para pelaku UKM,dalam hal ini para Pelapak Bogor, dapat terus terhubung dan terdukung.

"Saya yakin Bogor siap menghadapi MEA, jadi tidak usah takut menghadapi MEA," tegasnya.

Ia berharap, kehadiran Bukalapak ini bisa menjadi mediator antara pelaku UKM dan para pembeli di Bogor maupun di daerah lainnya agar lebih terarah. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)