Hingga Maret 2020, Transaksi Agen Brilink Tumbuh 67%

Di tengah pandemi Covid-19, laju produktivitas agen BRILink milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mencatatkan kenaikan. Imbauan physical distancing oleh pemerintah ternyata membuat masyarakat memilih untuk bertransaksi perbankan melalui agen-agen BRILink yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.

Hingga akhir Maret 2020, agen branchless banking milik BRI membukukan dana murah berupa tabungan dan giro atau Current Account Saving Account (CASA) Rp 8,24 triliun atau tumbuh 67% year on year. Melalui 428.794 agen BRILink di seluruh Indonesia, total transaksi yang dilakukan mencapai 156 juta kali.

Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto mengatakan, agen BRILink bisa menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk menghindari kerumunan. Masyarakat bisa bertransaksi dengan mendatangi agen terdekat di sekitar daerahnya.

"Sebagian Agen BRILink juga memiliki usaha jualan baik sembako atau barang kebutuhan lainnya, sehingga masyarakat bisa sekaligus berbelanja kebutuhannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (06/05/2020).

Amam melanjutkan, saat ini agen BRILink bisa melayani transaksi berupa transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top up BRIZZI, Gopay, Ovo, dan transaksi lainnya.

Selain itu, agen BRILink juga dapat memberikan layanan referal pembukaan rekening tabungan dan pinjaman. Pada kuartal I/2020, secara total agen BRILink telah melayani referral pembukaan rekening simpanan hingga 58.497 dan referal pinjaman hingga 51.315.

"Hingga saat ini, agen BRILink sudah tersebar di 51.938 desa. Dengan banyaknya desa yang telah dijangkau, BRI berharap dapat memberikan inklusi layanan keuangan yang makin luas kepada masyarakat," tutur Amam.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)