Jurus Honda BeAT Tembus Penjualan 7 Juta Unit

Pasar alat transportasi roda dua di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun 2014 diperkirakan akan mencapai 7,93 juta unit. Hal tersebut disampaikan oleh Margono Tanuwijaya, Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) pada peresmian pabrik baru AHM di Cikampek.

IMG_20141212_161106"Motor otomatis atau matik memberi kontribusi terbesar di pasar yaitu 67%. Pangsa pasar Honda lebih dari 70%. Beat merupakan salah satu model honda yang memberikan kontribusi besar," ujar Margono.

Ia melanjutkan, total pasar sepeda motor di tahun 2015 akan mengalami koreksi karena faktor ekonomi. Untuk tren pasar matik di Indonesia, market share Honda adalah 70% pada tahun 2014. Sampai saat ini, produk unggulan Honda, yaitu Honda BeAT, telah terjual sebanyak 7.653.041 unit sejak tahun 2008.

Untuk mempertahankan repusasi Honda BeAT, AHM memperkenalkan model baru sebagai varian yang merupakan bagian dari keluarga Beat untuk meningkatkan daya saing di pasar automatic terbesar, yaitu All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP, yang akan mencakup lebih luas pemakai dan memperpanjang umur produk.

"Targetnya adalah segmentasi remaja 16 sampai 20 tahun, urban dan sub urban, serta uniseks," kata Margono.

Hal senada juga disampaikan oleh Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM. Ia melihat, pasar di segmen skutik cukup besar. "Honda Beat itu sangat laku, karena 1 bulan penjualannya sudah di atas 150 ribu, dan dari customer banyak yang menginginkan model yang stylish," ungkapnya.

Dengan pasar yang besar, customer pasti ingin produk-produk yang sesuai dengan seleranya, maka dari itu AHM mengeluarkan All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP dengan pasar yang sama tetapi customer yang berbeda. "Ini berbeda varian untuk customers yang sesuai dengan seleranya," tambah Johannes. (EVA)

AHM merencanakan untuk target penjualan All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP adalah 200 ribu unit per-bulannya. Di masa depan, Honda yakin akan terus tumbuh walaupun tidak terlalu akan signifikan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)