Honda Cetak Rekor Penjualan Bulanan Tertinggi

Tren penjualan mobil Honda terus meningkat. Indikasi tersebut terlihat sejak awal tahun ini,  kuartal I dan II tahun 2012, serta memasuki kuartal III ini tetap ciamik. Bahkan, memasuki kuartal III Honda juga berhasil mencetak rekor penjualan bulanannya yang tertinggi di Indonesia selama ini, dengan total sebesar 7.486 unit pada bulan Juli 2012.

Penjualan pada kuartal I, periode  Januari hingga Maret 2012, Honda masih terimbas dampak banjir di Thailand tahun 2011. Dalam masa itu ditandai dengan keterbatasan pasokan komponen dan produk impor dari Thailand, sehingga  penjualan Honda tercatat sebanyak  8.143 unit, dan menempati urutan ke-6 di pasar otomotif nasional.

Namun, seiring dengan mulai normalnya produksi Honda di bulan Maret 2012, penjualan Honda terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Peningkatan tersebut juga didukung oleh peluncuran beberapa model Honda seperti New CR-V dan New Freed. Peluncuran model-model sedan seperti New City pada bulan Mei dan All New Civic di bulan Juni membuka penjualan Honda di segmen sedan yang sempat vakum beberapa bulan akibat terhambatnya pasokan.

Dengan demikian, pada kuartal kedua  sejak April sampai dengan Juni 2012, Honda berhasil mencatat angka penjualan sebesar 17.875 unit, sekaligus meningkatkan posisinya ke urutan 5 di pasar otomotif nasional. Bahkan, Honda memulai kuartal ketiga dengan sangat baik, dimana pada bulan Juli 2012 Honda berhasil mencetak rekor penjualan bulanan yang tertinggi selama ini dengan total penjualan 7.486 unit.

Penjualan Honda diyakini akan terus mengalami peningkatan di tahun ini mengingat Honda baru saja meluncurkan Honda Brio pada awal Agustus 2012. Hanya berselang 6 hari setelah diluncurkan, produk City Car dari Honda ini telah mendapatkan sambutan luar biasa dari konsumen dan mencatat booking sekitar 1.000 unit.

Secara total, Honda telah meraih angka penjualan sebesar 33.504 unit di sepanjang tahun 2012, dengan pangsa pasar 5,3%. Jumlah tersebut tumbuh 125% dibanding periode yang sama di tahun 2011, dimana saat itu penjualan Honda tercatat sebanyak 26.807 unit.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, menjelaskan, sejak kuartal kedua,  Honda telah memasuki masa recovery dan berhasil meningkatkan penjualannya secara konsisten dari bulan ke bulan, hingga mencapai penjualan tertinggi di Juli lalu. Dia optimistis tren ini akan terus berlanjut, dengan didukung produk baru seperti Brio yang saat ini telah mencapai booking sekitar 1.000 unit dalam waktu 6 hari setelah diluncurkan, serta produk yang akan kami luncurkan di tahun ini yaitu  All New Honda CR-V. Dengan demikian, dia percaya akan dapat mencapai target penjualan 70.000 unit hingga pengujung tahun 2012.

Penyumbang penjualan terbesar untuk Honda selama bulan Januari – Juli berasal dari Honda Jazz, dengan penjualan sebanyak 13.327 unit dan pangsa pasar sebesar 31%. Honda Jazz juga menjadi penyokong penjualan terbesar pada bulan Juli lalu yaitu menyumbang sebesar 3.289 unit.

Setelah Jazz, Honda Freed menyumbangkan angka penjualan 10.800 unit sepanjang Januari – Juli 2012, dengan pangsa pasar sebesar 13%. Di bulan Juli sendiri, sebanyak 1.899 unit Honda Freed terjual di Indonesia. Sementara itu, MPV premium Honda yaitu All New Honda Odyssey berhasil terjual sebanyak 51 unit pada bulan Juli 2012 dan telah terjual sebanyak 553 unit di tahun ini.

Di kelas SUV, Honda CR-V telah terjual sebanyak 6.651 unit sepanjang tahun 2012 dan meraih pangsa pasar sebesar 20%. Untuk bulan Juli sendiri, New Honda CR-V mencatat penjualan sebanyak 1.143 unit.

Di segmen sedan, New Honda City yang baru diluncurkan pada tanggal 23 Meilalu telah terjual sebanyak 1.109 unit selama tahun 2012 dengan pangsa pasar sebesar 26%. New Honda City mencatat penjualan sebanyak 380 unit pada Juli.

New Honda Civic yang baru diluncurkan pada tanggal 20 Juni lalu terjual sebanyak 428 unit pada bulan Juli,  meningkat 26% dibanding bulan sebelumnya yang terjual 340 unit pada bulan Juni. Secara total New Honda Civic telah terjual sebanyak 768 unit sepanjang tahun 2012 dan telah menguasai pangsa pasar sebesar 36%.

Sementara Honda Accord pada bulan Juli lalu kembali dapat memenuhi permintaan setelah pasokannya sempat terhambat dari Thailand selama beberapa bulan. Pada Juli lalu Honda Accord terjual sebanyak 296 unit dengan pangsa pasar sebesar 7%.

Untuk mendukung penjualan, Honda akan terus memperkenalkan program dan aktivitas untuk konsumen pada semester kedua ini, di antaranya program “Honda Extra Care - Extended Warranty”, serta aktivitas Jazz Tuning Contest yang akan kembali diadakan untuk ke-8 kalinya pada akhir tahun ini.

Lalu, adakah dampak aturan pembatasan uang muka kredit kendaraan bermotor yang mulai berlaku pada Juni 2012 terhadap penjualan mobil Honda? Jonfis menegaskan, hal itu tidak berpengaruh terhadap penjualan mobil Honda. Apalagi konsumen mobil buatan Jepang itu cenderung loyal dan kualitas produk terus ditingkatkan.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)