Honda Luncurkan Civic Type R Turbo

Honda Motor Co, salah satu jagoan otomotif dari Jepang kembali meluncurkan brand legendarisnya; Honda Civic. Pada ajang pameran mobil internasional di Geneva Motor Show 2017, Honda Civic Type R Turbo (hatchback) langsung jadi perhatian saat dilpamerkan diajang tersebut.

Honda Civic R. Turbo Honda Civic R. Turbo

Honda Civic Type R baru ini dibekali mesin 2.000 c turbo, 4 silinder sama dengan generasi ke-10 Civic standar. Akan tetapi, pihak Honda menyetel kembali hingga tenaganya membuncah sampai 316 tk dengan torsi puncak hampir 400 Nm atau tepatnya 399,9 Nm. Transmisi manual 6 percepatan, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 5,7 dan top speed mencapai 270 km/jam serta konsumsi BBM 13,6 km/liter. Mobil ini hanya tersedia dalam varian hatchback 5 pintu.

Civic Type R dilengkapi dengan model berkendara baru, seperti penyesuaian suspensi, stir, perpindahan transmisi dan respons yang cepat untuk berakselerasi. Jika pengendara ingin bersantai, ada juga setelan comfort. Atau jika pengendara menginginkan kecepatan, fitur tinggal diubah ke setelan mode Sport or +R.

Untuk meminimalisir getaran pada sti , suspensi bisa diatur sesuai dengan keinginan sekaligus bisa memaksimalkan penegendalian saat mobil dibawa ngebut. Suspensi bagian menggunakan MacPherson strut, dan belakang independent multi-link system. Secara visual, model baru menerima berbagai body kit yang meningkatkan aerodinamika dan lebih sporty dibanding model standar.

Air scoop terpasang pada kap mesin, sedangkan bemper belakang dibuat lebih lebar lengkap dengan sayap serta dengan tiga pipa knalpot. Rencananya, mobil ini akan diproduksi musim panas tahun ini di pabrik Honda di Swindo, Inggris. Fasilitas ini sekaligus dijadikan basis produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di Eropa, Amerika Serikat dan juga Jepang. Honda Civic Type R Turbo, kemungkinan dibanderol dengan harga Rp 1,5 miliar. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)