IDC: Pasar PC Indonesia Tumbuh 8,6 Persen

Pasar PC Indonesia melaporkan pertumbuhannya sebesar 8,6 persen secara sekuensial dengan penjualan 1,37 juta unit pada kuartal keempat 2011. Ini berarti sepanjang tahun 2011 telah terjual 5,38 juta PC atau tumbuh 7,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

IDC mengamati bahwa pada kuartal ini kanal mitranya kembali menaikkan persediaan setelah kuartal sebelumnya yang terbilang lamban. Mengikuti kebutuhan komersialkebutuhan, pasar di kuartal terakhir 2011 mengalahkan prediksi IDC pada awalnya yaitu 16 persen. Selain itu penjualan Hard Disk Drive (HDD) dialihkan ke negara-negara dengan prioritas yang lebih tinggi seperti China dan Indonesia. Selama kekurangan persediaan akibat banjir di Thailand, vendor di Indonesia tidak terpengaruh hingga akhir kuartal.

Pengeluaran yang terus menerus di sektor publik khususnya instansi pemerintahan membantu mempertahankan momentum segmen komersial hingga terjadi pertumbuhan 4,7 persen dibanding kuartal sebelumnya.

“Sektor pendidikan memberi kontribusi terbesar pada segmen komersial di Indonesia. Banyak proyek yang baru dimulai dan ini akan terus bertambah. Pada sektor swasta, bank dan industri manufaktur mendominasi pembelian PC,” ungkap Market Analyst for Client Devices Research IDC Asia Pasifik, Adlina Mohd Adnan.

Selain itu, segmen konsumen mencatan pertumbuhan kuartal akhir 2011 mencapai dua digit dan tumbuh 10,7 persen secara berurutan. ASUS melaporkan pertumbuhan luar biasa yang didorong dari penjualan netbook. Hal ini memungkinkan vendor untuk memperoleh keuntungan karena penetrasi yang meningkat di daerah-daerah dan meningkatkan kesadaran teknologi informasi pada pengguna PC pemula.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)