Ikea & Desainer Belanda Hasilkan Produk Anyaman Tradisional Indonesia

Ikea melakukan kolaborasi baru dengan seorang desainer asal Belanda, Piet Hein Eek. Produk yang akan dibuat merupakan koleksi terbatas yang diberi nama Jassa dan akan tersedia di toko-toko Ikea pada bulan Maret 2017. Piet Hein Eek hadir dengan keunikan desain yang berfokus pada ketidaksempurnaan dengan menggunakan materi yang berkelanjutan, sehingga cocok dengan prinsip-prinsip Democratic Design Ika, yakni prinsip bentuk yang baik, fungsi, kualitas, harga terjangkau dan berkelanjutan. Pada tahun 1990, ia menjadi terkenal di dunia atas rancangan lemari yang terbuat dari sisa potongan kayu.

ikea

Rancangan koleksi Jassa yang dihadirkan akan menggunakan filosofi desainnya sehingga produk-produknya dapat diakses oleh banyak orang. Bagi Ikea, ini merupakan suatu cara untuk melanjutkan eksplorasi terhadap produksi massal terhadap sesuatu yang unik.

“Merancang untuk Ikea hampir bertolak belakang dengan kebiasaan yang saya lakukan. Untungnya, mereka menggunakan pendekatan rasional yang sama, baik untuk proses produksi jumlah kecil maupun besar, dimana keduanya harus menerapkan efisiensi,” jelas Piet Hein Eek. “Kini menjadi mungkin untuk membuat produk berskala besar dengan pemikiran dan pendekatan yang sama.”

Menggunakan bahan-bahan yang tersedia oleh alam merupakan basis Piet dalam berkarya. Fokusnya dalam berkreasi dikombinasikan dengan cara pemikirannya dalam memproduksi, membuat Piet seorang desainer yang disegani.

“Fokus Piet dalam bekerja secara efisien dalam menggunakan bahan-bahan, teknik produksi dan seni, membuat kami sadar bahwa ternyata kita bekerja pada basis yang sama dalam merancang produk,” ujar Karin Gustavsson, Creative Leader Ikea.

Ia akan membuat rangkaian produk koleksi Jassa yang terbuat dari bahan-bahan alami dengan teknik tradisional. Para perancang dan tim di balik rangkaian produk Jassa telah mengeksplorasi ide-ide kreatif menggunakan bahan dan teknik pembuatan dari Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan terbuat dari serat alami dan tekstil bercorak seperti batik yang ditampilkan dengan campuran eklektik di dalam koleksi yang mengangkat indahnya kerajinan tradisional.

“Rangkaian produk ini merupakan gabungan dari suasana dengan jiwa sebuah karya kerajinan. Menggunakan bahan-bahan alami dan warna-warna cerah dengan pola eklektik, membuat koleksi ini unik dan akrab,” ujar Karin.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan kolaborasi yang berkelanjutan dan kedua pihak saling mengisi. Kolaborasi antara Ikea dan Piet Hein Eek merupakan sumber inspirasi dan petualangan yang menarik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)