IKEA Indonesia Menarik 2,8 Juta Pengunjung dalam Satu Tahun

Setelah satu tahun membuka toko pertamanya di Indonesia, toko perabotan rumah tangga asal Swedia, IKEA telah mencapai 2,8 juta orang pengujung. Toko yang terletak di Alam Sutera, Tangerang ini tidak hanya dikunjungi oleh pelanggan dari Jabodetabek, melainkan juga dari Bandung, Surabaya, Bali, dan Pulau Sumatra.

General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee dan Marketing Manager IKEA Indoneisa, Eliza Fazia General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee dan Marketing Manager IKEA Indoneisa, Eliza Fazia

IKEA telah memperkenalkan konsep do-it-yourself kepada pelanggan di Indonesia, yang mana pelanggan harus memilih, mengambil barang dan merakitnya sendiri di rumah. Menurut Mark Magee, General Manager IKEA Indonesia, awalnya terdapat kekhawatiran terhadap konsep tersebut. “Namun ternyata masyarakat Indonesia sangat terbuka dengan konsep ini, bahkan menjadi keunikan tersendiri,” kata Mark Magee.

Hal ini terbukti dalam satu tahun setelah toko IKEA berada di Indonesia, total penjualan produk sudah mencapai 12 juta barang. “Keberadaan toko IKEA telah dirasakan dalam memberikan inspirasi kehidupan sehari-hari rumah tangga di Indonesia, khususnya penggemar produk-produk bernuansa Skandinavia, yang inging menampilkan tatanan rumah yang unik,” ungkap Magee.

Memasuki tahun kedua, IKEA Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam memberikan penyuluhan tentang tata cara masuk ke jaringan bisnis internasional melalui global chain IKEA. Produk-produk IKEA didesain di Swedia, dengan bahan dasar atau material dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Indonesia selama ini telah menyumbang bahan baku berupa kertas, karpet, tekstil, serat alam, dan bahan dasar mainan. “Kami senang bahwa IKEA dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, di mana ketika merek IKEA hadir, pengetahuan masyarakat setempat mengenai industri perabot rumah tangga meningkat secara signifikan,” tambah Magee.

Selain itu, IKEA melalui partisipasi para pengunjung menjalankan sebuah program bernama Blue Bag Project, di mana setiap pembelian tas ‘blue bag’ hasil penjualannya 100 persen akan disumbangkan untuk membangun 100 septik tank di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Di sana terdapat sekitar 300.000 penduduk, namun hanya 2 persen yang memiliki akses sanitasi yang layak. Keberlangsungan program hingga saat ini telah berhasil memasang sebanyak 84 septik tank.

Sebagai tambahan, toko IKEA di Alam Sutera merupakan toko pertama di Indonesia yang dibuka secara resmi pada 15 Oktober 2014. Dan merupakan salah satu dari 375 toko IKEA di 47 negara di seluruh dunia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)