Indonesia Pasar Ekspor 10 Terbesar New Zealand

Kerja sama bilateral Indonesia-New Zealand, terkonsentrasi di beberapa sektor. Dalam seminar yang bertajuk “Membangun Seminar Bisnis dan Investasi” hari ini disebutkan bahwa, Indonesia dan New Zaeland merupakan mitra alami untuk melakukan kerja sama bisnis di beberapa sektor penting seperti pendidikan, pangan, sumber daya energi, serta pariwisata.

 Ketua Umum KADIN Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, mengatakan, ada tautan yang menyebabkan Indonesia dan New Zealand cocok untuk menjalin kemitraan. Indonesia merupakan pasar ekspor 10 terbesar di dunia bagi New Zaeland, sedangkan ekspor New Zaeland ke Indonesia sebesar NZ$ 870 juta (Rp 6,53 triliun). Jadi hubungan bilateral antara keduanya mencapai NZ$ 1,52 miliar (Rp 11,4 triliun). Untuk impor Indonesia mencapai NZ$ 704 juta (Rp 5,28 triliun) per Desember 2011.

Seperti yang kita ketahui di beberapa sektor, New Zaeland terlihat sangat unggul. Maka kita perlu tingkatkan kemungkinan kerja sama itu. Terutama karena kita memiliki sumber daya geothermal, dan New Zaeland memiliki teknologi,” jelas Suryo.

Di sektor pangan, kemitraan dilakukan dalam rangka menjamin food security. “Yang sangat ingin kami dorong sebenarnya investasi New Zealand ke Indonesia. Karena kalau kita lihat dari perdagangannya saja, hanya baru NZ$ 1,1 miliar. Itu masih kecil. Kami masih melihat lebih banyak invetasi dari New Zaeland ke indonesia, terutama di bidang-bidang tersebut. Pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan kita bisa tanda tangan MOU tersebut dengan beberapa pengusaha,” ujar Suryo berharap.

Sementara itu, Free Trade Asean sudah berjalan dan sudah ditandatangi antara Asean, New Zaeland, dan Australia, sama seperti halnya antara Asean dan Cina. Hal ini dinilai sebagai upaya untuk berbagi keuntungan dan jaminan bagi terus tumbuhnya kemitraan bisnis perdagangan dan investasi antara kedua belah pihak. (Gustyanita Pratiwi/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)