Indonesia, Pasar Terbesar Kelima Bagi Guinness

Produk minuman beralkohol asal Irlandia, Guinness, terus mendekatkan diri dengan konsumennya di Indonesia. Minuman ini kerap menyelenggarakan acara yang "berbeda." Dari sisi produk, kemasannya pun dibuat berkarakter sehingga memberikan kesan tersendiri bagi konsumen. Alhasil, bisnis Guinness di Indonesia pun memberikan kontribusi yang tak kecil.
guinness
"Kontribusi Indonesia adalah kelima terbesar di dunia dari 150 negara yang memasarkan," ujar Herman Sulina, Direktur Pemasaran Guinness Indonesia, dalam acara peluncuran tampilan baru botol Guinness Foreign Extra Stout, di Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Kehadiran Guinness di Indonesia telah berlangsung lama. Herman mengatakan, pihak Guinness membuka kantor di Jakarta pada tahun 1973. Satu tahun kemudian, minuman Guinness diproduksi dengan air yang berasal dari Indonesia. Kini, bisnis Guinness di Indonesia telah berkontribusi cukup besar bagi bisnisnya secara global. Indonesia adalah pasar Guinness terbesar kelima di dunia. Bahkan, Guinness Indonesia telah mencetak 1 juta penggemar di jejaring sosial Facebook, di mana ini jumlah penggemar yang terbesar di dunia.

"Perjuangan kami di Indonesia untuk produk Guinness luar biasa," tambah dia. Produk minuman beralkohol ini tentunya tidak bermain sendirian di pasar Indonesia. Ada juga kompetitor dari luar dan dari lokal. Karena itu, yang bisa membawa Guinness seperti sekarang ini adalah strateginya dalam menciptakan konsumen-konsumen yang loyal.

Di tahun 2008, terang dia, adalah pertama kalinya Guinness membuat turnamen olahraga biliar di dalam pusat perbelanjaan. Di tahun berikutnya, Guinness Indonesia meluncurkan kampanye musik "Bold Chemistry." Perusahaan mengadakan konser musik di berbagai kota dalam rangka perayaan 250 tahun Guinness. Selain itu, bir Guinness pun hadir dalam kemasan slim can berukuran 250 ml pada tahun 2009. Indonesia hingga saat ini menjadi satu-satunya di dunia yang menghadirkan Guinness dalam kemasan tersebut.

"Tahun 2010, kami mengambil langkah berani, di mana kami membuat Guinness Arthur's Day. Di Indonesia itu jarang merek yang membuat acara musik dengan tajuk kebersamaan untuk konsumen," imbuh Herman.

Kini, di awal 2014 yang merupakan tahun di mana Guinness Indonesia berusia 40 tahun, perusahaan pun memberikan kejutan bagi konsumennya. Apa itu? Guinness Indonesia memperkenalkan tampilan baru botol Guinness Foreign Extra Stout. Tampilan botol dengan desain "bold" diklaim sangat kontemporer. Salah satu yang ditonjolkan dalam tampilan baru tersebut adalah tanda tangan Arthur Guinness, selaku pendiri Guinness. Tanda tangan ini menunjukkan penghargaan yang tinggi terhadap asal-usul Guinness.

guinness botol

"Merayakan perjalanan 40 tahun yang luar biasa di Indonesia, dan sekaligus meluncurkan tampilan baru dari Guinness, merupakan milestone bagi Guinness Indonesia," tutur Herman.

"Kami ingin agar desain yang baru ini dapat menggambarkan cita rasa yang berkarakter baik dalam tampilan maupun gaya. Para konsumen akan tetap menikmati rasa mantap Guinness yang khas, yang berhasil dipertahankan selama lebih dari 250 tahun," ucap John Galvin, perwakilan dari Guinness Indonesia.

Ia pun menyebutkan, tampilan baru ini adalah tampilan global. Dan, John mengatakan, "Karena Indonesia adalah salah satu pasar terbesar, maka Indonesia adalah salah satu negara yang pertama yang meluncurkan tampilan baru Guinness Foreign Extra Stout." (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)