ITF Mempertemukan Pelaku Industri Transportasi

Penandatanganan Indonesia Transportation Forum oleh Ignasius Jonan. Penandatanganan Indonesia Transportation Forum oleh Ignasius Jonan.

Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, MarkPLus,Inc menyelenggarakan Indonesia Transportation Forum (ITF), membahas berbagai strategi, infrastruktur pendukung dan pasar transportasi. Hermawan Kartajaya, Founder sekaligus CEO di MarkPlus,Inc meresmikan ITF yang dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari Kementerian Perhubungan yang dibawakan langsung oleh Menteri Ignasius Jonan.

Industri transportasi merupakan salah satu infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi yang sangat strategis. Menurut proyeksi yang dilakukan oleh Lembaga Managemen FEUI untuk tahun 2015, angkatan jalan raya memberikan sumbangan tertinggi sekitar Rp 463,058 triliun, disusul dengan angkutan jasa penunjang laut sebesar Rp 68,441 triliun. Sementara posisi ketiga ditempati angkutan laut sebesar Rp129,963 triliun dan posisi keempat adalah Rp 62,214 triliun. Disusul angkutan sungai dengan PBD Rp 24,708 triliun dan yang paling kecil adalah angkutan rel sebesar Rp. 4,965 triliun.

“Transportasi itu tidak bisa dijadikan lini bisnis, tapi public services. Di Industri transportasi yang diutamakan adalah safety. Saya pernah menangani kereta api selama enam tahun, begitu saya tingkatkan dengan visi misi mengutamakan safety, penumpang meningkat,” ujar Jonan.

Pertemuan rutin yang dilakukan sebulan sekali untuk memastikan bahwa kebijakan yang dibuat masih relevan dengan perkembangan industri terkait sehingga Indonesia dapat terus mengikuti perkembangan di dunia transportasi maupun logistik dan dapat terus bersaing dengan negara lain, terutama dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang akan segera diberlakukan.

Jonan berharap, pihak yang terlibat dapat memberikan feedback dan industry insight secara langsung serta diskusi aktif dengan para pemain dari industri transportasi dan logistik agar dapat terjalin kerja sama yang komprehensif dan saling menguntungkan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)