Indosat Klaim Quality Test Layanan Selulernya Oke

Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan selulernya, Indosat melaksanakan drive test secara berkala di wilayah operasionalnya. Pelaksanaan dilakukan dengan mengetes kualitas layanan suara, sms dan data, di lokasi-lokasi utama, seperti sentra ponsel, perkantoran dan area perbelanjaan.

Tim Indosat bersama pelanggan terpilih menggunakan mobil “Quality Test” untuk melakukan pengetesan secara statis atau bergerak. Pada hari ini, program drive test dilakukan di kota Jakarta dan sekitarnya, dan mengunjungi beberapa lokasi yaitu Plaza Senayan, Gedung BNI dan Sentra Ponsel Roxy. Hasilnya, indikator-indikator kualitas layanan adalah di atas standar yang ditetapkan oleh regulator telekomunikasi. Dengan hasil ini, diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan seluler Indosat dengan nyaman, akses mudah dan sinyal stabil.

Adapun, beberapa indikator pelayanan yang dites saat proses berlangsung, adalah sebagai berikut :

  • Tingkat keberhasilan panggilan atau Succesful Call Rate (SCR) – 96 % (standar 90%)

  • Tingkat kegagalan panggilan atau Call Drop Rate  (CDR) – 2.15% (standar maksimal 5%)

  • Tingkat kesuksesan pengiriman SMS – 98 % (standar 95%)

  • Web browsing – waktu akses10 detik

  • Video streaming – 450kbps

  • Speed test atau pengukuran kecepatan 470 kbps – 5900 kbps

    Drive test kami lakukan secara berkala untuk memantau kualitas layanan seluler di lapangan yang akan menjadi masukan bagi kami dalam melakukan program pengembangan kapasitas dan cakupan wilayah layanan, termasuk upaya berkesinambungan untuk mengurangi kepadatan trafik komunikasi di wilayah-wilayah yang membutuhkan. Kami akan meningkatkan kualitas layanan suara, SMS dan data,” ujar Sonny Adiwidjaya,Head of Region Jabotabek & West Java Commercial Operation Indosat.

Menurut Sonny, tahun lalu Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk layanan suara, SMS dan data, masing-masing sebesar 16% menjadi 14 juta Erlang/hari , 48% menjadi 1.2 Milyar SMS/hari dan 75% menjadi 100 Terabyte/hari. Khususnya layanan data, di 10 wilayah operasional Indosat, telah dilakukan perluasan cakupan layanan data 3G ke beberapa kota/kecamatan baru seperti di Bali (Denpasar, Badung), wilayah Sulampapua (Manado, Makassar, Pare-pare, Sindrap, Pinrang, Bulukumpa, Selayar), Sumbagsel (Desa Sukajadi OKU Timur, kota Baturaja dan kota Lubuk Linggau).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)