Indosat Sudah 7 Tahun Menggalang Komunitas

Sejak tujuh tahun lalu Indosat sudah menggunakan komunitas sebagai upaya dalam melayani pelanggan. Apa saja yang digarap? Benny Hutagulung, Division Head Blackberry and Mobile Devices PT Indosat, Tbk mengungkapkannya kepada Gustyanita Pratiwi. Berikut ini wawancaranya:

Komunitas makin hari semakin powerful. Apa pendapat Indosat?

Indosat sejak tujuh tahun lalu sudah melihat komunitas sebagai bagian penting dari perusahaan dalam melayani pelanggan, yaitu melalui adanya program Sahabat IM3 Community, Indosat BlackBerry Community dan Indosat Android Community Komunitas akan menjadi trend ke depannya karena secara kultur ini sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, sehingga ini adalah peluang bagi perusahaan khususnya dalam upaya untuk dekat dengan konsumen.

Bagaimana Indosat melihat hasil survei komunitas yang digelar setiap tahun oleh SWA dan Prasetya Mulya? Apa pendapatnya?

Hasilnya sangat membantu Perusahaan untuk melihat fenomena komunitas-komunitas sehingga menjadi panduan perusahaan untuk melihat trend dan peluang-peluang baru dalam pemasaran.

Temuan kali ini menunjukkan keterlibatan komunitas konsumen dalam melakukan co-creation value bersama-sama dengan produsen makin tinggi. Bagaimana pendapat Anda?

Kami sangat sependapat, karena dalam situasi persaingan dan perkembangan kebutuhan pelanggan yang dinamis, penciptaan value tidak bisa hanya menggunakan alat-alat atau media konvensional. Dengan komunitas, produk atau brand yang dijual akan lebih dekat dan cepat penetrasinya di pasar.

Bagaimana pengalaman Indosat mengembangkan komunitas? Sudah berapa lama berhubungan? Bentuk kemitraan apa saja yang telah dilakukan? Bisakah digambarkan intensitas hubungan dan kadar hubungan yang dibangun?

Indosat sendiri sudah berhubungan dengan Komunitas sejak tujuh tahun lalu, perkembangannya sangat pesat. Dalam mengembangkan komunitas, Indosat menggunakan media offline danonline. Secara offline, Indosat sering mengadakan kegiatan/pertemuan-pertemuan tatap muka dengan komunitas secara rutin atau ketika ada event tertentu, sedangkan secara online, Indosat menggunakan forum berbasis website dan mailing list group (berbasis google group dan yahoogroups).

Apa pendapat Indosat dengan hasil survei ini? Apa sebenarnya pentingnya komunitas dan tujuan produsen mengelola komunitas saat ini?

Survei adalah alat bagi kami untuk melihat trend yang terjadi dan peluang2 yang bisa dimanfaatkan dalam komunitas. Pentingnya Komunitas adalah salah satu alat pemasaran yang penting karena dengan Komunitas, penyampaian pesan “word of mouth” akan mudah terbentuk dan tercapai dengan biaya rendah, sehingga menimbulkan loyalitas terciptanya repeated buyer Komunitas juga sebagai “partner” dalam mengembangkan produk melalui ide-ide atau masukan yang disampaikan. Selain itu, juga membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan (customer servicing), mengingat para anggota komunitas ini memiliki pengetahuan produk yang baik.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)