Jurus Okky Jelly Drink Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

Dikenal sebagai produsen kacang kawakakan, membuat Garudafood tidak lantas cepat puas. Terus melakukan inovasi di manufaktur makanan, di tahun 2002 Garudafood berhasil mengeluarkan sebuah inovasi dalam food dan beverage, yakni Okky Jelly Drink. Minuman bertajuk penunda lapar dan pelepas dahaga ini pada saat itu menjadi booming di kalagan anak anak. Memang pada saat itu, Okky Jelly Drink ditujukan khusus untuk pasar anak anak.

“Sebenarnya produk Okky Jelly Drink ini memang hasil pemikiran kami, setelah melihat kemampuan anak anak mengelola uang saku sendiri. Ketika membeli makanan, mereka harus rela menyisihkan untuk minuman. Begitu pula dengan sebaliknya. Oleh sebab itu, produk ini memang jalan tengah,” ujar Martinus Rizal, GM Marketing Garudafood.

index

Semakin tinggi pohon, semakin tinggi pula angin yang menerpa. Setelah berhasil mendapatkan hati di masyarakat, Okky Jelly Drink diterpa black campaign dengan isu pengerasan otak. Hal ini tentu saja berdampak luar biasa bagi Okky Jelly Drink. Penjualan merosot tajam. Ini membuat Garudafood tidak lantas diam. Mereka berusaha membersihkan nama dengan menggunakan berbagai macam cara seperti klarifikasi dengan key opinion.

“Menerpa isu black campaign bagi kami efeknya sangat terasa. Padahal sebelum peluncuran, kami sudah mendapatkan sertifikasi kesehatan dari BPOM, ada standar PMS 22000, ISO 9000 dan MQS. Oleh sebab itu ketika ditimpa isu ini, kami dan perusahaan lainnya yang memang kebetulan memiliki nama mengadakan klarifikasi, dengan pembicara dari pihak ketiga,” kenang Martinus.

Setelah isu black campaign berlalu, dampak yang dirasakan tidak terlalu signifikan. Ini dikarenakan ketakutan masyarakat dalam mengonsumsi Okky Jelly Drink, meskipun produk tersebut sudah memiliki sertifikat kesehatan. Garudafood lantas menyelesaikan hal tersebut dengan mencari pandangan lain. Mereka mengumpulkan konsumen loyal mereka dan menebak insigt apa yang menjadikan mereka masih setia pada Okky Jelly. Dan jawabannya adalah satu, yakni sensasi pada saat mengonsumsi produk tersebut. Itulah yang kemudian ditarik menjadi tagline baru Okky Jelly Drink, 'Goyang Dimulut, Menunda Lapar di Perut'.

Kekuatan industri FMCG memang berada di rasa dan varian. Menyadari hal tersebut, Garudafood mengembangkan kembali produk mereka berdasarkan pada keinginan konsumen. Pengembangan tersebut dilakukan dengan menambah varian serta mengeluarkan produk dengan ukuran yang lebih besar.

Atas upayanya untuk memuaskan konsumen, dalam penghargaan Indonesia Customer Statisfaction Award (ICSA 2015) yang diselenggarakan Majalah SWA dan lembaga Riset Frontier, Garudafood berhasil menyabet dua penghargaan untuk produk Kacang Garuda dengan Skor kepuasan akan kualitas sebesar 4,466, kepuasan terhadap harga 4,337, keyakinan pelanggan sudah mengenai ketepatan penggunaan brand sebesar 4,426, serta kepuasan akan ekspektasi di masa mendatang sebesar 4,360 untuk Okky Jelly Drink skor terhadap kualitas sebesar 4,477, kepuasan terhadap harga 4,496 , keyakinan pelanggan sudah mengenai ketepatan penggunaan brand sebesar 4,487, serta kepuasan akan ekspektasi di masa mendatang sebesar 4,354. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)