Marketing Technology

Ini Dia 10 Iklan Terpopuler Sepanjang 2016 di Youtube

Ini Dia 10 Iklan Terpopuler Sepanjang 2016 di Youtube

Ki-Ka: Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia – Nirmala Hapsari Associate Partner Mindshare – Afianto Makmun, Executive Director Mullen Lowe

Google Indonesia merilis 10 video iklan terpopuler sepanjang paruh kedua 2016. Daftar ini mencakup 10 iklan teratas di Youtube Indonesia yang paling banyak mendapat apresiasi penonton selama Juli-Desember 2016. selain itu 10 video iklan tersebut juga dinilai berhasil mendorong sebuah brand berdasarkan kombinasi popularitas dan promosi.

Selama kuartal II 2016 Youtube Indonesia mengumumkan jumlah jam dari konten yang diunggah meningkat 170% dibandingkan kuartal II 2015. selain itu durasi menonton di perangkat seluler juga naik 130% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2015. Kesepuluh merek dalam daftar ini tidak hanya melihat peluang untuk menjangkau audiens melalui Youtube, tapi juga melakukannya dengan cara kreatif dan memikat.

Sebagian besar dari iklan ini memanfaatkan format iklan sinematik berdurasi panjang dengan cerita yang menggugah perasaan. Iklan LINE yang bercerita tentang memulai pekerjaan baru. Iklan bertema Ramadhan yang mengharukan dari Tokopedia, ataupun iklan Toyota yang menyajikan adegan aksi kejar-kejaran di sepanjang jalanan Tokyo.

Eksekutif Direktur Mullen Lowe, Afianto Mamun, menjelaskan, iklan berdurasi panjang bukanlah satu-satunya cara untuk menarik perhatian audiens, contohnya saja iklan Axis dengan cerita-cerita pendek yang unik, iklan Honda yang singkat namun langsung memikat perhatian, dan iklan tips memasak dari Royco. Semua iklan tersebut berdurasi dibawah satu menit. “Sebuah brand akan lebih disukai ketika brand tersebut bisa membuat orang tersenyum,” ungkap Afianto. “Tambahkan detail unik dalam sebuah video, karena detail tersebut bisa jadi bahan ‘omongan’,” lanjutnya.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, menambahkan, 10 video tersebut memiliki kesamaan yakni kekuatan alur cerita atau story telling. “Umumnya orang Indonesia suka yang ada drama atau ceritanya,” jelas Veronica.

Berikut 10 daftar video terpopuler sepanjang Juli-Desember 2016 :

Line – Hari Pertama Kerja Itu Rasanya – Line

All New Sienta – Love Is A Trap – Toyota

Tokopedia TVC – Berani Memulai, Berani Berusaha – Tokopedia

#IRITOLOGY No 54 – Cekrek Upload Axis – Axis

Axelerate The Series – The Untold Stories of Keenan Pearce Ep.2 – AXE

Medok Pendekar Jari Sakti – Eps Meniti Jalan Pulang – Bukalapak

All New Honda CBR250RR – Honda

Samsung Indonesia – Kembali Beri Arti Eps 1 – Samsung

Sariayu Putih Langsat – Rahasia Cerah Memikat Ala Devina Aureel feat Chandra Liow – Sariayu

Resep Royco – Ayam Katsu Balado – Royco


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved