Ini Dia Pemenang Program PR Terbaik & PR People 2017
Untuk ke-11 kalinya, Majalah MIX-Marketing Communication menggelar malam penghargaan “Indonesia PR Of The Year” di Mercantile Athletic Club, Jakarta Pusat (31/10). Ajang tahunan ini memberikan penghargaan kepada mereka yang dinobatkan menjadi Spoke Person of The Year, PR People of The Year, CorComm, dan CorSec Team of The Year.
Dalam sambutannya, Pemimpin Redaksi SWA Media Group, Kemal Effendi Gani, mengatakan, peran Public Relation (PR) dalam hubungan manajemen organisasi kepada stakeholder dan masyarakat penting sekali. Bahwasanya hubungan timbal balik dari masyarakat dan stakeholder bisa berjalan baik berkat fungsi dari PR. “Saat ini informasi mudah dishare dan disebar, tidak hanya informasi yang positif tetapi sebaliknya juga, maka pekerjaan PR semakin challenging dalam menghadapi situasi ini,” ujarnya.
Menurutnya, program ini sangat penting untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar bisa menghasilkan program-program yang lebih kreatif lagi. “Kami yakin program-program yang terus dikembangkan akan bermanfaat bagi stakeholder dan masyarakat,” ucapnya.
Untuk penghargaan Indonesia PR People Of The Year 2017 ini diberikan kepada tokoh PR berdasarkan hasil polling kepada 50 orang jurnalis dari media cetak, online, televisi, dan radio. Polling dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap penjaringan nama untuk mendapatkan short list PR People pilihan para jurnalis, dan tahap kedua finalisasi melalui polling dengan short list PR People dalam pertanyaan tertutup.
Sesuai aspirasi para jurnalis (sebagai responden), pada tahun ini Majalah Mix-Marketing Communication memberikan penghargaan Spoke Person ini kepada dua level jabatan, yaitu CEO dan Vice President (VP). Untuk mendorong lebih banyak PR People yang termotivasi karena apresiasi ini, Majalah Mix-Marketing Communication memberikan penghargaan ini masing-masing kepada dua hingga tiga orang terpilih–kecuali kategori Indonesia Best Corporate Secretary/Corporate Communication Team 2017. Sementara itu, kategorisasi industri untuk pemilihan Corporate Secretary dan Corporate Communication dibuat berdasarkan pengelompokan industri di Bursa Efek Indonesia .
Sementara itu, pada “Indonesia PR Program of The Year 2017”, penyelenggara menggabungkan kategori Media Relations ke Marketing PR Program. Alasannya, karena objektif dari entries program Media Relations hampir seluruhnya marketing (untuk brand image, brand loyalty dan lain-lain).
Selain itu juga karena jumlah entries di kategori Media Relations tidak memadai untuk dibuat kategori sendiri. Pada tahun ini, PR Program of The Year diikuti oleh sekitar 130 entries yang berpartisipasi di lima kategori.
Kelima kategori tersebut adalah: Creative PR, yaitu program-program kreatif untuk membangun citra dan reputasi perusahaan, termasuk program untuk menangani krisis dan program PR internal; Marketing PR, yaitu program PR yang ditujukan untuk kepentingan marketing; Social PR, yaitu program komunikasi yang dibangun melalui program-program corporate social initiatives atau CSR—jadi penilaian dititikberatkan pada bagaimana perusahaan mengomunikasikan program CSR-nya, bukan pada program CSR-nya semata; dan Owned Media, yaitu media yang dimiliki dan dikelola organisasi untuk mendukung pembangunan citra dan reputasi perusahaan meliputi In-House Magazine, News Letter, Blog, Website, dan Social Media.
Penjurian terhadap 130 program PR yang masuk sebagai peserta kontes ini dilakukan oleh Dewan Juri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi komunikasi, serta dari media. Mereka adalah Bambang Sumaryanto, dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia dan praktisi PR; Prita Kemal Gani, President of ASEAN Public Relations Network dan Pendiri LSPR Jakarta; Devy Suradji, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, dan Marketing & Communications Director WWF Indonesia; Dyah Hasto Palupi, Senior Editor Majalah MIX Marketing & Communication; Teguh Poeradisastra, Senior Editor Majalah SWA dan Managing Director Spot Communications; Sisi Suhardjo, General Public Relations NAVA+ Group; dan Irvan Permana, Head of Pathfinder Brand Consultant. Untuk fairness, juri yang memiliki conflict of interest dengan salah satu entry tidak diperkenankan untuk memberikan penilaian.
Berikut ini adalah daftar pemenang “Indonesia PR Program & PR People Of The Year 2017”.
WINNERS OF INDONESIA PR PEOPLE OF THE YEAR 2017
SPOKE PERSON OF THE YEAR 2017
CEO Level
PR MANAGER OF THE YEAR 2017
PR OFFICER OF THE YEAR 2017
PR AGENCY OF THE YEAR 2017 : Image Dynamics
INDONESIA BEST CORPORATE SECRETARY/CORPORATE COMMUNICATION TEAM 2017
Kategori Banking & Finance Industry : PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Kategori Mining Industry : PT Adaro Energi Tbk.
Kategori property Industry : Sinarmas Land
Kategori Consumer Goods Industry : PT Indofood Suskes Makmur Tbk.
Kategori Basic Industry & Chemical : PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.
Kategori Infrastructure, Telecomunication, &Utility Industry : PT XL Axiata Tbk.
Kategori Various Industry & Automotive Industry : PT Astra International Tbk.
WINNERS OF INDONESIA PR PROGRAM OF THE YEAR 2017
Kategori: Creative PR Program
Kategori: MARKETING PR PROGRAM
Kategori: SOCIAL PR PROGRAM
Kategori: OWNED MEDIA PROGRAM
Kategori: OWN MEDIA SUB CATEGORY TOURISM WEBSITE
Kategori: OWN MEDIA SUB CATEGORY TOURISM WEBSIT
Editor : Eva Martha Rahayu
www.Swa.co.id