Inovasi Castrol Magnatec Stop-Start, Solusi Oli di Jalanan yang Macet

“Sejak diluncurkan oli Castrol Magnatec Stop-Start, konsumen banyak yang berminat. Maklum di daerah Ciledug ini kawasan macet dan banyak pertigaan yang membuat kendaraan sering berhenti mendadak,” ujar Agus, montir salah satu bengkel di sepanjang Jalan Raya Ciledug, Kotamadya Tangerang itu.

Ungkapan Agus itu bukan isapan jempol. Pasalnya, oli Castrol Magnatec Stop-Start bukanlah oli biasa. Oli ini diciptakan setelah melalui uji mutu dan riset mendalam di beberapa negara yang sering mengalami kemacetan. “Di Castrol, kami telah menghabiskan ribuan jam di laboratorium dan bekerja sama dengan salah satu universitas terkemuka di dunia untuk mengembangkan oli mesin yang secara khusus melindungi bagian mesin dari mengemudi berhenti-jalan,” jelas Gareth Bracchi, tenaga ahli di Pusat Teknologi Castrol.
Castrol

Pernahkah Anda menghitung berapa kali mobil Anda berhenti dan kembali berjalan dalam sehari? Data dari Castrol Magnatec Stop-Start Index, yang dikeluarkan oleh TomTom –-- penyedia navigasi dan produk maupun layanan berbasis lokasi untuk mempelajari kondisi berhenti-jalan di seluruh dunia --– menunjukkan bahwa pengemudi di Jakarta mengemudi berhenti dan kembali berjalan sebanyak 28.080 kali setahun atau lebih dari rata-rata pengemudi umumnya yaitu 18.000 kali berhenti-jalan. Jika setahun 28.080 kali kendaraan berhenti-berjalan, maka sehari bisa 76,93 kali stop-start. Luar biasa capek pengemudinya dan mesin kendaraannya.

Mobil berhenti dan kembali berjalan puluhan kali dalam sehari dikarenakan ada lampu merah, memberi jalan bagi kendaraan lain, kondisi jalanan rusak, ada orang menyeberang, macet dan sederet alasan lainnya. Akibatnya, mesin mobil akan cepat aus atau rusak. Menurut Jurnal Ward’s tahun 2012, sebanyak 35 juta kendaraan baru dijual di seluruh dunia. Itu berarti 95.500 kendaraan ditambahkan pada kemacetan di dunia setiap harinya.

Sementara penggunaan mobil hampir dilakukan tiap hari. Saat hari kerja, mobil digunakan untuk mengantar ke kantor, sekolah anak, belanja ke pasar atau supermarket terdekat, Di hari weekend, mobil dipakai untuk jalan-jalan ke tempat wisata, berkunjung ke rumah teman atau family. Dalam kesempatan tertentu, mobil pun masih melaju untuk urusan ke dokter, rumah sakit, bank, atau party.

Castrol Magnetec2

Ironisnya, setiap kali pengemudi mengalami stop-start, risiko terkikisnya bagian penting mesin akan meningkat. Lambat laun kondisi buruk itu akan berdampak pada keausan mesin mikroskopik. “Tapi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengemudi berhenti-jalan saat macet dapat mengakibatkan keausan mesin,” Gareth Bracchi menambahkan. Pada kondisi diam, stres (tekanan) pada beberapa bagian penting mesin dapat mencapai hingga 66% lebih besar daripada pada kondisi di jalan terbuka.

Lantas, bagaimana solusinya? Ya itu tadi, inovasi produsen oli global, Castrol, merilis oli paling gres untuk mengatasi masalah sehari-hari: Castrol Magnatec Stop-Start. Produk ini sudah dikembangkan secara khusus untuk melindungi terhadap kerusakan yang diakibatkan mengemudi berhenti-jalan. Oli ini adalah hasil dari pengembangan inovatif dari ilmuwan dan ahli teknologi dari berbagai pusat teknologi Castrol di seluruh dunia.

Molekul pintar pada Castrol Magnatec Stop-Start melekat pada bagian penting mesin dan membentuk lapisan perlindungan self-healing. Meskipun molekul terkikis pada proses melawan keausan, molekul lain akan berlomba untuk mengembalikan lapisan perlindungan tersebut. Bagian penting mesin akan terlindungi pada setiap tahap mengemudi berhenti-jalan, sejak pertama berjalan, sampai benar-benar berhenti maupun setiap melakukan berhenti-jalan. “Molekul-molekul pintar Castrol melindungi mesin mobil sejak dihidupkan,” ucap Ivan Rilman, Passenger Car Oil Brand Manager PT Castrol Indonesia.

Pendapat Elaine Tai menguatkan hal itu. “Kami sudah mengembangkan oli baru ini sebagai respons dari problem baru bagi ribuan perjalanan di dunia,” kata Global Brand Director untuk Castrol Magnatec, itu.

Untuk membuktikan keunggulan dari Castrol Magnatec Stop-Start, Castrol menggunakan tes mesin industri terbaru. Tes ini mensimulasikan kondisi mengemudi saat ini, termasuk tahapan diam dan berhenti-jalan yang seringkali terjadi. Semua formulasi yang dikembangkan untuk Magnatec Stop-Start memberikan perlindungan 20% lebih baik terhadap kondisi mengemudi berhenti-jalan di atas ketatnya batas tes industri ini.

Dijelaskannya, Castrol Magnatec Stop Start Index telah memeriksa kondisi lalu lintas di 50 kota besar di seluruh dunia termasuk Amerika (New York), Australia (Sydney), Asia (Shanghai, Hong Kong, Bangkok, Jakarta) dan Eropa (London, Istanbul). Faktor penting yang menjadi penyumbang terbesar pada kondisi mengemudi berhenti-jalan adalah kemacetan, urbanisasi dan perjalanan jangka pendek yang dialami di area tersebut.

Sekadar informasi, sebagai pelaku bisnis global, Castrol mengembangkan oli mesin dan pelumas untuk berbagai jenis aplikasi dan industri – mulai dari mobil dan sepeda motor yang digunakan oleh jutaan orang untuk melindungi kendaraannya, sampai pelumas industri special yang dikembangkan untuk industri kelautan.

Castrolproduk

Diperkuat oleh teknologi, Castrol mengetes oli mesin pada situasi ekstrim – dari test di lab dan test industry sampai kompetisi motorsport yang paling kompetitif, dan sudah banyak ikut di dalamnya selama lebih dari 80 tahun. Hingga kini Castrol sudah membantu pemilik mobil melindungi mesin mobil mereka selama hampir 20 tahun dengan menawarkan perlindungan sejak mesin dihidupkan.

Ke depan, prospek produk dinilai makin licin. Pasalnya, pelumas Castrol paling anyar ini pelopor oli yang mengatasi keuasan mesin akibat terlalu sering stop-start. “Di daerah seperti Surabaya yang juga mulai macet, penjualan Castrol Magnatec Stop-Start juga signifikan kenaikannya, “ kata Ferry, salah seorang distributor Castrol di bengkel Jalan Kertajaya, Surabaya seraya menyebut produk Castrol Magnatec Stop-Start mulai dipasarkan sejak Desember 2013 dengan harga Rp 400 ribu untuk ukuran besar.

Pengamat pemasaran Sumardi, menyarankan, guna mengukuhkan eksistensi Castrol di pasar Indonesia, khususnya produk Castrol Magnatec Stop-Start, dibutuhkan jangkauan distribusi yang lebih luas serta sosialisasi akan dampak stop-start terhadap mesin mobil yang tidak diketahui orang awam. Inovasi Castrol kreatif di tengah ketatnya kompetisi oli, di mana kompetitor masih sibuk menjagokan penerapan teknologi robotik, Venturi Molecule Chrusher. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)