Sebelum Dijual, iPhone 5 Laris di Google

Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer Indosat

Jauh sebelum kedatangannya di pasar smartphone, informasi tentang iPhone 5 banyak diburu pengguna internet alias netizen Indonesia. Google Zeitgeist bahkan menempatkan smartphone besutan Apple ini sebagai gadget terpopuler sepanjang tahun 2012. Meski bicara penjualan iPhone masih di ujung piramida ponsel, hype-nya selalu merajai jagat gadget.

Google baru saja merilis daftar zeitgeist yang berisi kata kunci pencarian terbanyak yang diterima Google setiap tahun. Google menyortir pencarian tersebut ke dalam beberapa kategori termasuk gadget terpopuler di mesin pencarinya.

Zeitgeist akhir tahun ini adalah barometer budaya yang memberikan kita gambaran nyata dari berbagai peristiwa besar, kenangan yang tak terlupakan dan berbagai tren yang sedang berkembang di Indonesia untuk tahun 2012,” kata Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia.

Dalam daftar tersebut iPhone 5 menempati peringkat pertama. Sementara itu iPhone 4s, berada di urutan ke sembilan. Sepuluh besar gadget terpopuler Google Zeitgeist didominasi produk Nokia dan Samsung Galaxy.

“iPhone di Indonesia bisa dibilang tidak laku, penjualannya hanya 10.000 per bulan, tetapi hype-nya banyak,” tutur Erik Meijer, Director & Chief Commercial Indosat dalam sebuah diskusi, Rabu (12/12). Meski demikian, Erik mengakui hype di Indonesia menjadi sangat besar dan diimbangi persiapan launching dari Apple yang lebih matang.

Produsen gadget premium yang dibesarkan Steve Jobs ini memang dikenal mahir memainkan hype produknya jauh sebelum produk tersebut beredar di pasaran. Hype tersebut yang memunculkan euforia kehadiran iPhone 5 hingga masyarakat atas rela merogoh kocek lebih dari Rp 11 juta dan memasang tenda. Semua itu demi menimang ponsel layar sentuh iPhone 5.

Lebih lanjut Erik mengungkapkan, “iPhone 5 dengan segala hype-nya merupakan tanda bahwa masyarakat mulai beralih ke iPhone.” Di awal pengajuan kerjasamanya dengan Apple, Indosat memesan 10.000 ponsel iPhone 5. Namun yang diterima Indosat di pekan pertama kehadirannya hanya 1.000 unit. Sebanyak 250 unit sudah terjual dengan skema pre-order. Tepat tengah malam nanti, memasuki tanggal 14 Desember 2012, 300 unit iPhone 5 akan dijual di Seven Eleven Teluk Betung dan Bintaro. Sisanya, Indosat akan mendistribusikannya melalui rekanan distributor. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)